Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS
Monday, October 21, 2019
Add Comment
LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS
Tujuan Kegiatan:
Mengembangkan penilaian
berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1. Buatlah jurnal sikap dan atau penilaian diri/penilaian
antar teman untuk penilaian sikap yang digunakan!
2. Buatlah penilaian keterampilan sesuai teknik penilaian
keterampilan yang digunakan!
3. Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah
sebagai berikut:
a. Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang
diampu, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran (Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016),
b. Buatlah soal pada Kartu Soal yang tersedia, setiap
peserta minimal membuat 1 (satu) soal Pilihan Ganda dengan level kognitif
Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi dan Penalaran serta 1 (satu) soal Uraian!
c. Dalam kelompok diskusikan soal yang dihasilkan dari
kelompok lain dengan cara menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS
yang tersedia!
d. Tentukan Soal PG dan Soal Uraian terbaik untuk kelompok
tersebut serta uraikan alasannya!
4. Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak
presentasi dengan cermat untuk
memberikan saran perbaikan!
5. Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!
LK-3a.
Penilaian Sikap
Jurnal
Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan perilaku saat pembelajaran
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
*)Catatan yang diisi di
fornat jurnal sikap ini adalah butir sikap yang akan dinilai ketika
pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP
Penilaian
diri/Penilaian antar teman
Aspek perilaku saat pembelajaran
|
Dilakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
*)Catatan yang diisi di fornat
jurnal sikap penilaian diri/antar teman ini adalah butir sikap yang akan
dinilai ketika pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP
LK-3b. Penilaian Keterampilan
Penilaian
Kinerja/Produk/Projek
IPK
|
Aspek/Kriteria
|
Aktivitas HOTS
|
||
Transfer Knowledge
|
Creativity dan Critical
|
Problem Solving
|
||
LK-3c.
Penilaian Pengetahuan
FORMAT
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis sekolah :………………………
Jumlah soal :………………………
Mata pelajaran :………………………
Bentuk soal/tes :................................
Penyusun : ......…………………
Alokasi waktu :………………………
Kisi-kisi penulisan soal
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
1
|
1
|
||||||
2
|
2
|
KARTU
SOAL
KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
Materi
|
|
Indikator Soal
|
|
Level Kognitif
|
|
Soal
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran :
Kelas/Semester :
|
|
Kompetensi Dasar
|
|
Materi
|
|
Indikator Soal
|
|
Level Kognitif
|
|
Soal
|
Kunci Pedoman Penskoran
NO
SOAL
|
URAIAN JAWABAN/KATA
KUNCI
|
SKOR
|
2
|
||
LK-3d Format telaah soal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal : ......................
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Kelas:
......................
Kls/Prog/Peminatan : ......................
Isilah
tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
|
Materi
|
|||||
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
|||||
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
|||||
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
|||||
4.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|||||
5.
|
Soal
menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
|||||
6.
|
Soal
menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik
untuk melakukan sesuatu).
|
|||||
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|||||
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|||||
B.
|
Konstruksi
|
|||||
1.
|
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.
|
|||||
2.
|
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan
pernyataan yang diperlukan saja.
|
|||||
3.
|
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.
|
|||||
4.
|
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif
ganda.
|
|||||
5.
|
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi
materi.
|
|||||
6.
|
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas
dan berfungsi.
|
|||||
7.
|
Panjang pilihan jawaban relatif sama.
|
|||||
8.
|
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua
jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.
|
|||||
9.
|
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun
berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.
|
|||||
10.
|
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal
sebelumnya.
|
|||||
C.
|
Bahasa
|
|||||
1.
|
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|||||
2.
|
Tidak
menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
|||||
3.
|
Soal
menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
.................,
..............................
Penelaah
...........................................
Format telaah soal uraian
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal : ......................
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Kelas:
......................
Kls/Prog/Peminatan :
......................
Isilah
tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
No.
|
Aspek yang ditelaah
|
Butir Soal
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A.
|
Materi
|
|||||
1.
|
Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)
|
|||||
2.
|
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)
|
|||||
3.
|
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras,
Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).
|
|||||
4.
|
Soal
menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll,
sesuai dengan dunia nyata)*
|
|||||
5.
|
Soal
menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong
peserta didik untuk membaca).
|
|||||
6.
|
Soal
menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik
untuk melakukan sesuatu).
|
|||||
7.
|
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis,
mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan
tahapan-tahapan tertentu.
|
|||||
8.
|
Jawaban tersirat pada stimulus.
|
|||||
B.
|
Konstruksi
|
|||||
1.
|
Rumusan kalimat soal
atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang
menuntut jawaban terurai.
|
|||||
2.
|
Memuat
petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
|
|||||
3.
|
Ada
pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata
kunci.
|
|||||
4.
|
Gambar,
grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.
|
|||||
5.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.
|
|||||
C.
|
Bahasa
|
|||||
1.
|
Menggunakan
bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan
bahasa asing sesuai kaidahnya.
|
|||||
2.
|
Tidak
menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.
|
|||||
3.
|
Soal
menggunakan kalimat yang komunikatif.
|
.................,
..............................
Penelaah
...........................................
R-3. Rubrik Pengembangan Soal
HOTS
Rubrik ini digunakan
fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal
Langkah-langkah
penilaian hasil kajian:
1.
Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.
Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta
sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan
kompetensi dasar dengan tepat.
2.
Merumuskan
penilaian sikap
3.
Merumuskan
penilaian keterampilan
4.
Menentukan
materi Pelajaran dengan tepat.
5.
Merumuskan indikator soal dengan tepat.
6.
Menuliskan soal sesuai indikator soal.
7.
Menuliskan soal sesuai kriteria soal HOTS.
8.
Menuliskan kunci jawaban dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Delapan aspek sesuai
dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai
dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai
dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai
dengan kriteria, tiga aspek kurang
sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai
dengan kriteria, empat aspek kurang
sesuai
|
0 Response to "Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS"
Post a Comment