Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS


LK-3. Penilaian Berorientasi HOTS

Tujuan Kegiatan:
Mengembangkan penilaian berorientasi HOTS.
Langkah Kegiatan:
1.    Buatlah jurnal sikap dan atau penilaian diri/penilaian antar teman untuk penilaian sikap yang digunakan!
2.    Buatlah penilaian keterampilan sesuai teknik penilaian keterampilan yang digunakan!
3.    Buatlah penilaian pengetahuan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Buatlah kisi-kisi soal sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, Kompetensi Dasar Mata Pelajaran (Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016),
b.    Buatlah soal pada Kartu Soal yang tersedia, setiap peserta minimal membuat 1 (satu) soal Pilihan Ganda dengan level kognitif Pengetahuan dan Pemahaman, Aplikasi dan Penalaran serta 1 (satu) soal Uraian!
c.    Dalam kelompok diskusikan soal yang dihasilkan dari kelompok lain dengan cara menelaah soal menggunakan format telaah soal HOTS yang tersedia!
d.    Tentukan Soal PG dan Soal Uraian terbaik untuk kelompok tersebut serta  uraikan alasannya!
4.    Presentasikan hasil kerja, peserta lain menyimak presentasi dengan cermat  untuk memberikan saran perbaikan!
5.    Perbaiki hasil yang dibuat sesuai saran!

LK-3a. Penilaian Sikap


Jurnal Sikap

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan perilaku saat pembelajaran
Butir Sikap
Tindak Lanjut
























*)Catatan yang diisi di fornat jurnal sikap ini adalah butir sikap yang akan dinilai ketika pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP

Penilaian diri/Penilaian antar teman

Aspek perilaku saat pembelajaran
Dilakukan
Ya
Tidak









*)Catatan yang diisi di fornat jurnal sikap penilaian diri/antar teman ini adalah butir sikap yang akan dinilai ketika pembelajaran yang akan dituangkan ke RPP




LK-3b. Penilaian Keterampilan


Penilaian Kinerja/Produk/Projek
IPK
Aspek/Kriteria
Aktivitas HOTS
Transfer Knowledge
Creativity dan Critical
Problem Solving




























LK-3c. Penilaian Pengetahuan

FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL


Jenis sekolah           :………………………                                
Jumlah soal              :………………………
Mata pelajaran         :………………………                                
Bentuk soal/tes        :................................
Penyusun                 : ......…………………
Alokasi waktu           :………………………

Kisi-kisi penulisan soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4

5
6
7

1












1

2













2




KARTU SOAL

KARTU SOAL PILIHAN GANDA
KARTU SOAL NOMOR 1
(PILIHAN GANDA)

Mata Pelajaran    :                                       
Kelas/Semester   : 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif


Soal








Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
KUNCI/KRITERIA JAWABAN
SKOR
1





Keterangan:                                                                                              
Soal ini termasuk soal HOTS karena



KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)

Mata Pelajaran    :    
Kelas/Semester   : 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif


Soal











Kunci  Pedoman Penskoran
NO
SOAL
URAIAN JAWABAN/KATA KUNCI
SKOR
2










LK-3d Format telaah soal


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA
Nama Pengembang Soal           : ......................
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Kelas: ......................
Kls/Prog/Peminatan                   : ......................
                                   
Isilah tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
Materi





1.      

Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)





2.      
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)





3.      
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).





4.      
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*





5.      
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).





6.      
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).





7.      
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.





8.      
Jawaban tersirat pada stimulus.





B.
Konstruksi





1.      
Pokok soal dirumuskan dengan singkat, jelas, dan tegas.





2.      
Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban merupakan pernyataan yang diperlukan saja.





3.      
Pokok soal tidak memberi petunjuk kunci jawaban.





4.      
Pokok soal bebas dari pernyataan yang bersifat negatif ganda.





5.      
Pilihan jawaban homogen dan logis ditinjau dari segi materi.





6.      
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.





7.      
Panjang pilihan jawaban relatif sama.





8.      
Pilihan jawaban tidak menggunakan pernyataan “semua jawaban di atas salah/benar” dan sejenisnya.





9.      
Pilihan jawaban yang berbentuk angka/waktu disusun berdasarkan urutan besar kecilnya angka atau kronologisnya.





10.   
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal sebelumnya.





C.
Bahasa





1.      
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.





2.      
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.





3.      
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.







................., ..............................
Penelaah



...........................................



Format telaah soal uraian

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN
Nama Pengembang Soal           : ......................
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Kelas: ......................
Kls/Prog/Peminatan                   : ......................
                                   
Isilah tanda silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
No.
Aspek yang ditelaah
Butir Soal
1
2
3
4
5
A.
Materi





1.      

Soal sesuai Kompetensi Dasar (KD)





2.      
Soal sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi (IPK)





3.      
Soal tidak mengandung unsur SARAPPPK (Suku, Agama, Ras, Anatargolongan, Pornografi, Politik, Propopaganda, dan Kekerasan).





4.      
Soal menggunakan stimulus yang kontekstual (gambar/grafik, teks, visualisasi, dll, sesuai dengan dunia nyata)*





5.      
Soal menggunakan stimulus yang imajinatif (baru, mendorong peserta didik untuk membaca).





6.      
Soal menggunakan stimulus yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu).





7.      
Soal mengukur level kognitif penalaran (menganalisis, mengevaluasi, mencipta). Sebelum menentukan pilihan, peserta didik melakukaan tahapan-tahapan tertentu.





8.      
Jawaban tersirat pada stimulus.





B.
Konstruksi





1.      
Rumusan kalimat soal  atau pertanyaan menggunakan kata-kata tanya atau perintah yang menuntut jawaban terurai.





2.      
Memuat petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.





3.      
Ada pedoman penskoran/rubrik sesuai dengan kriteria/kalimat yang mengandung kata kunci.





4.      
Gambar, grafik, tabel, diagram, atau sejenisnya jelas dan berfungsi.





5.      
Butir soal tidak bergantung pada jawaban soal lain.





C.
Bahasa





1.      
Menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, untuk bahasa daerah dan bahasa asing sesuai kaidahnya.





2.      
Tidak menggunakan bahasa yang berlaku setempat/tabu.





3.      
Soal menggunakan kalimat yang komunikatif.







................., ..............................
Penelaah



...........................................



R-3.  Rubrik Pengembangan Soal HOTS



Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.    Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.    Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.      Menuliskan kompetensi dasar dengan tepat.
2.      Merumuskan penilaian sikap
3.      Merumuskan penilaian keterampilan
4.      Menentukan materi Pelajaran dengan tepat.
5.      Merumuskan indikator soal dengan tepat.
6.      Menuliskan soal sesuai indikator soal.
7.      Menuliskan soal sesuai kriteria soal HOTS.
8.      Menuliskan kunci jawaban dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Delapan aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai

Download Button

0 Response to "Instrumen Penilaian Berorientasi HOTS"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel