MAKANAN DAN TARIAN KHAS DAERAH INDONESIA

Indonesia merupkan negara dengan kekayaan budaya daerah. setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini terjadi secara alami karena Indonesia terdiri dari negara kepulauan. Pada kesempatan kali ini, mimin akan sajikan beberapa makanan khas dan tarian khas daerah yang ada di Indonesia. Diantaranya yaitu :


A. Makanan & Tarian Adat Aceh

1. Makanan Adat Mie Aceh







Seperti namanya, mie ini berasal dari Aceh. Makanan khas daerah Aceh ini memiliki tekstur yg tebal & dicampur dgn irisan daging serta bumbu-bumbu rempah yg kuat. Mie Aceh biasanya disajikan dgn digoreng, direbus atau ditumis. Selain itu juga bisa disajikan dgn tambahan seafood seperti kepiting, udang & cumi.

2. Tarian Adat Aceh Tari Seudeti

Seudati mulai dikembangkan sejak masuknya agama Islam masuk ke Aceh. Penyair Islam memanfaatkan tarian ini sebagai media dakwah untuk mengembangkan ajaran agama Islam.  Untuk membuktikan darimana awal tari ini lahir & kapan tari seudati lahir memang belum ada ditemukan yg memiliki keakuratan yg baik. Namun dari sejumlah tulisan tentang tari seudati memiliki beberapa pandangan tentang asal usul tari seudati ini.
Tari Seudati pada mulanya tumbuh & berkembang di pesisir Aceh, Misalnya di desa Gigieng, Kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Pidie, yg dipimpin oleh Syeh Tam. Kemudian berkembang ke desa Didoh, Kecamatan Mutiara, Kabupaten Pidie yg dipimpin oleh Syeh Ali Didoh. Sumber lain yg juga menjelaskan bahwa dasar lahir tari seudati adalah di Kabupaten Aceh Utara, seperti disampaikan oleh T. Alamsyah yg merupakan salah seorang tokoh seudati Aceh asal Aceh Utara. Menurut T. Alamsyah adalah benar Syeh Tam berasal dari Pidie, tetapi beliau mempelajari tari seudati di Kabupaten Aceh Utara. Ketika beliau mempelajari tari seudati beliau adalah syeh dgn sebutan syeh Tam Pulo Amak dgn aneuk syahi pertama adalah Rasyid yg kemudian popular dgn sebutan syeh Rasyid atau Nek Rasyid Bireuen.


B. Makanan & Tarian Adat Maluku

1. Bika Ambon

Walaupun namanya Bika Ambon, namun makanan ini bukan berasal dari Ambon. Kue ini berasal dari Sumatera Utara & biasanya banyak dijual di Kota Me& sebagai oleh-oleh. Kue berwarna kuning ini memiliki tekstur yg lembut & manis. Serta bikin ketagihan saat melahapnya.

2. Tari Lenso

Tari lenso merupakan tarian tradisional yg berasal dari Maluku. Tarian ini juga sangat populer di Maluku & sering dibawakan pada acara adat. Tak jarang juga tarian ini dilakukan untuk menyambut tamu terhormat yg datang ke Maluku.

Menilik sedikit tentang sejarah tarian ini, tari lenso sudah ada sejak masa penjajahan bangsa Portugis. Menurut kabar yg beredar, tarian ini tadinya milik bangsa Portugis, yg kemudian diadaptasi & dikembangkan oleh masyarakat lokal Maluku.

Tarian yg hanya dibawakan oleh kaum wanita ini, memiliki ciri khas pada atribut yg dikenakan oleh para penari, yakni sapu tangan. Jumlah penari pada tari lenso terdiri dari 6-9 orang. Dgn lemah lembut para penari melakukan tarian ini

Gerakan pada tari lenso didominasi dgn gerakan tangan & kaki. Pada gerakan tangan, didominasi dgn gerakan melambaikan tangan ke depan. Kemudian pada kaki dgn gerakan melangkah. Tak hanya itu, tari lenso juga memiliki 3 gerakan utama, gerak maju, gerak jumput & gerak mundur.


C. Makanan & Tarian Adat Riau

1. Gulai Belacan

Gulai Belacan merupakan makanan khas dari Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yg begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yg telah dicampur dgn terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

2. Tari Zapin

Tari Zapin merupakan khasanah tarian rumpun Melayu yg mendapat pengaruh Arab. Asal-usul tarian ini terkait erat dgn penyebaran Islam di pesisir Nusantara pada abad ke-13 & 14. Selanjutnya, tarian ini pun tersebar ke berbagai daerah meski sebagian diberi nama yg sedikit berbeda.

Sebagai salah satu wilayah yg didominasi oleh Suku Melayu, Riau & Kepulauan Riau pun khas dgn tarian Zapin. Banyak sekali jenis Zapin tersebar di Riau yg masing-masing telah disesuaikan dgn citarasa budaya masyarakatnya. Salah satu yg sangat khas adalah Zapin Penyengat.

Meski demikian, secara prinsip seluruh gerak tarian ini tetaplah sama yg lebih menonjolkan gerak & langkah kaki. Sebelum artikel Tarian Daerah Riau ini, penulis juga telah memposting perihal Tarian Zapin Melayu. Klik tautan tersebut untuk melihat detail sejarah, penyajian, busana & lain-lain.


D. Makanan & Tarian Adat Lampung

1. Seruit

Makanan khas Lampung ini terbuat dari ikan yg dibakar & disajikan dgn sambal terasi atau tempoyak atau mangga. Jika kamu sedang berkunjung ke Lampung, tak ada salahnya untuk mencicipi kuliner satu ini.

2. Tari Sigeh Pengunten

Ini merupakan tarian kreasi baru asal Lampung yg menso pengembangan dari tari sembah yakni tradisi asli Lampung. Dari peraturan daerah, tarian khas Lampung ini diresmikan menso tarian lampung untuk menyambut tamu penting. Gerakan tari ini mengambil unsur dari banyak tari tradisional Lampung sehingga bisa memperkenalkan kebudayaan Lampung lewat tarian tersebut.

Tarian adat Lampung ditampilkan juga sebagai bagian dari acara ritual penyambutan di acara resmi seperti proses pernikahan. Tarian ini menceritakan tentang kegembiraan atas kedatangan tamu undangan & merupakan bentuk penghormatan pada tamu undangan yg sudah hadir.

Busana yg digunakan dalam tarian merupakan unsur asli penari Sembah yakni Sesapur atau baju kurung berwarna putih atau baju yg tidak berangkai pada bagian sisi akan tetapi untuk sisi bawah memiliki hiasan berbentuk koin warna emas atau perak yg digantung berangkai atau rumbai ringgit. Sementara untuk bawahan menggunakan kain tapis yakni kain tenun tradisional Lampung terbuat dari katun 

0 Response to "MAKANAN DAN TARIAN KHAS DAERAH INDONESIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel