RPP KD 3.1 & 4.1 Algoritma Simulasi dan Komunikasi Digital Kurikulum 2013 REVISI 2018

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

A.       IDENTITAS PROGRAM PENDIDIKAN :
Nama Sekolah                    : SMK Negeri 1 Way Serdang
Mata Pelajaran                    : Simulasi dan Komunikasi Digital
Komp. Keahlian                 : Seluruh Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester                   : X/1 (Gasal)
Tahun Pelajaran                 : 2018-2019
Alokasi Waktu                   : 6 x 45 menit (2 Pertemuan)


B.       KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR:
1.    Kompetensi Inti: *)
a.       Pengetahuan:
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b.      Keterampilan:
4.          Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

2.    Kompetensi Dasar: *)
a.       KD pada KI pengetahuan:
3.1           Menerapkan logika dan algoritma komputer.
b.      KD pada KI keterampilan:
4.1           Menggunakan fungsi-fungsi Perintah (Command).

C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
1.    Indikator KD pada KI pengetahuan
3.1.1              Memahami konsep logika dan algoritma.
3.1.2              Memahami berbagai metode komunikasi algoritma.
3.1.3              Memahami metode algoritma menggunakan diagram alir/flowchart.
2.    Indikator KD pada KI keterampilan
4.1.1              Melakukan perintah-perintah dasar command prompt.
4.1.2              Memanipulasi data dengan perintah command prompt.

D.       TUJUAN PEMBELAJARAN:
3.1.1.1         Dengan membaca materi, peserta didik dapat memahami konsep logika dan algoritma dengan baik.
3.1.2.1         Dengan membaca materi, peserta didik dapat memahami berbagai metode komunikasi algoritma dengan baik.
3.1.3.1         Dengan diskusi, peserta didik dapat memahami metode algoritma menggunakan diagram alir/flowchart dengan baik.
4.1.1.1         Melalui praktikum, peserta didik dapat melakukan perintah-perintah dasar command prompt dengan baik.
4.1.2.1       Melalui praktikum, siswa dapat memanipulasi data dengan perintah command prompt dengan baik dan disiplin.

E.       MATERI PEMBELAJARAN:
(Rincian dari Materi Pokok Pembelajaran)
·         Konsep logika dan algoritma
·         Notasi flowchart
·         Perintah command prompt.

F.        PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
1.        Pendekatan                            : Scientifik/Pendekatan Ilmiah
2.        Model                                                : Discovery Learning
3.        Strategi dan Metode   : Diskusi dan Presentasi

G.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I:
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal 10 menit):
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)        Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2)        Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
3)        Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
4)        Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
b.    Kegiatan Inti (100 menit):
1.        Pemberian stimulus terhadap siswa.
·      Pada awal pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi pembelajaran berbasis orientasi masalah.
·      Melalui Tanya jawab, peserta didik sambil membaca materi dan memahami konsep logika dan algoritma.
·      Guru membagi peserta didik kedalam kelompok kerja secara variatif.
2.        Identifikasi masalah.
·      Guru membimbing peserta didik dalam membuat sebuah komunikasi algoritma (misalnya membuat algoritma berangkat sekolah).
3.        Mengumpulkan Data.
·      Melalui diskusi, peserta didik mengembangkan algoritma kedalam sebuah metode menggunakan diagram alir/flowchart.
4.        Pembuktian.
·      Peserta didik menyerahkan hasil diskusi kepada guru.
·      Guru menganalisis dan mengevaluasi hasil diskusi.
5.        Menarik kesimpulan.
·      Dua kelompok dengan hasil diskusi terbaik, memaparkan hasil diskusi didepan kelompok lain.

c.     Penutup (15 menit):
                Kegiatan penutup terdiri atas:
1)        Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a)        Membuat kesimpulan pelajaran;
b)        Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)        Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2)        Kegiatan guru yaitu:
a)        Melakukan penilaian;
b)        Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
c)        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan II:
a.     Pendahuluan/Kegiatan Awal 10 menit):
                Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)        Mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
2)        Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dan dikembangkan berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari;
3)        Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)        Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5)        Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
b.    Kegiatan Inti (100 menit):
1.        Pemberian stimulus terhadap siswa.
·           Pada awal pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi pembelajaran berbasis orientasi masalah.
·           Melalui Tanya jawab, peserta didik sambil membaca materi dan memahami fungsi dan macam-macam perintah dasar command prompt.
2.        Identifikasi masalah.
·       Melalui praktikum, guru membimbing peserta didik dalam menggunakan macam-macam perintah dasar command prompt.
3.        Mengumpulkan Data.
·       Peserta didik mengembangkan perintah dasar command prompt digunakan untuk memanipulasi data.
4.        Pembuktian.
·       Guru menganalisis dan mengevaluasi hasil praktikum setiap peserta didik.
5.        Menarik kesimpulan.
·       Peserta didik dengan hasil terbaik, memaparkan hasil praktikum didepan peserta didik yang lain.
c.     Penutup (15 menit):
Kegiatan penutup terdiri atas:
1)        Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
a)        Membuat kesimpulan pelajaran;
b)        Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)        Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2)        Kegiatan guru yaitu:
a)        Melakukan penilaian;
b)        Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
c)        Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

H.      ALAT/BAHAN  DAN MEDIA PEMBELAJARAN:
1)    Alat   : Komputer, LCD/Proyektor
2)    Bahan            : Lembar Kerja/ Job Sheet.
3)    Media            : Buku / Internet, Power Point

I.         SUMBER BELAJAR:
1)        http://www.m-edukasi.web.id/2014/09/buku-simulasi-digital-kelas-x-semester.html...
2)        Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X Jilid 1 Semester Ganjil, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3)        Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig), Direktorat Pembinaan SMK.

J.        PENILAIAN PEMBELAJARAN:
1)    Teknik Penilaian:
a.         Penugasan.
b.        Praktikum.

2)    Instrumen Penilaian:
a.         Instrumen Penilaian Pengetahuan
Soal :
1.        Uraikan pendapat anda tentang logika dan algoritma!
2.        Uraikan pendapat anda manfaat mempelajari tentang logika!
3.        Ada berbagai bentuk cara mengkomunikasikan algoritma, contohkah 3 macam bentuknya!
4.        Kemukakan menurut pendapat anda, tahapan-tahapan algoritma turn on dan turn off computer!
5.        Buatlah diagram alir berangkat sekolah!

0 Response to "RPP KD 3.1 & 4.1 Algoritma Simulasi dan Komunikasi Digital Kurikulum 2013 REVISI 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel