RPP KD 3.1 & 4.1 Algoritma Simulasi dan Komunikasi Digital Kurikulum 2013 REVISI 2018
Wednesday, September 19, 2018
Add Comment
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
A. IDENTITAS PROGRAM
PENDIDIKAN :
Nama
Sekolah : SMK Negeri 1
Way Serdang
Mata
Pelajaran : Simulasi
dan Komunikasi Digital
Komp.
Keahlian : Seluruh
Kompetensi Keahlian
Kelas/Semester
: X/1 (Gasal)
Tahun
Pelajaran : 2018-2019
Alokasi
Waktu : 6 x 45 menit (2
Pertemuan)
B.
KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR:
1. Kompetensi Inti: *)
a. Pengetahuan:
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig)
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
masyarakat nasional, regional, dan internasional.
b. Keterampilan:
4.
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat,
informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah
sesuai dengan lingkup Simulasi dan
Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan
mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji
secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru,
membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
2. Kompetensi Dasar: *)
a. KD pada KI pengetahuan:
3.1
Menerapkan
logika dan algoritma komputer.
b. KD pada KI keterampilan:
4.1
Menggunakan
fungsi-fungsi Perintah (Command).
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI:
1. Indikator KD pada KI pengetahuan
3.1.1
Memahami
konsep logika dan algoritma.
3.1.2
Memahami
berbagai metode komunikasi algoritma.
3.1.3
Memahami
metode algoritma menggunakan diagram alir/flowchart.
2. Indikator KD pada KI keterampilan
4.1.1
Melakukan
perintah-perintah dasar command prompt.
4.1.2
Memanipulasi
data dengan perintah command prompt.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
3.1.1.1
Dengan membaca
materi, peserta didik dapat memahami konsep
logika dan algoritma dengan baik.
3.1.2.1
Dengan membaca
materi, peserta didik dapat memahami berbagai
metode komunikasi algoritma dengan baik.
3.1.3.1
Dengan diskusi,
peserta didik dapat memahami metode algoritma menggunakan
diagram alir/flowchart dengan baik.
4.1.1.1
Melalui
praktikum, peserta didik dapat melakukan perintah-perintah
dasar command prompt dengan baik.
4.1.2.1
Melalui praktikum, siswa dapat memanipulasi data
dengan perintah command prompt
dengan baik dan disiplin.
E.
MATERI PEMBELAJARAN:
(Rincian
dari Materi Pokok Pembelajaran)
·
Konsep
logika dan algoritma
·
Notasi
flowchart
·
Perintah command prompt.
F.
PENDEKATAN, STRATEGI DAN
METODE
1.
Pendekatan :
Scientifik/Pendekatan Ilmiah
2.
Model :
Discovery Learning
3.
Strategi
dan Metode : Diskusi dan Presentasi
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal 10 menit):
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)
Mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
2)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
3)
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
4)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
b. Kegiatan Inti (100 menit):
1.
Pemberian stimulus terhadap
siswa.
·
Pada awal pembelajaran, guru memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk mengamati materi pembelajaran berbasis orientasi masalah.
·
Melalui Tanya jawab, peserta didik sambil membaca materi
dan memahami konsep logika dan algoritma.
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok kerja secara
variatif.
2.
Identifikasi masalah.
·
Guru
membimbing peserta didik dalam membuat sebuah komunikasi algoritma (misalnya
membuat algoritma berangkat sekolah).
3.
Mengumpulkan Data.
· Melalui
diskusi, peserta didik mengembangkan algoritma kedalam sebuah metode
menggunakan diagram alir/flowchart.
4.
Pembuktian.
· Peserta didik menyerahkan hasil
diskusi kepada guru.
· Guru menganalisis dan mengevaluasi
hasil diskusi.
5.
Menarik kesimpulan.
·
Dua kelompok dengan hasil diskusi terbaik, memaparkan hasil
diskusi didepan kelompok lain.
c. Penutup (15 menit):
Kegiatan penutup terdiri atas:
1)
Kegiatan
guru bersama peserta didik yaitu:
a)
Membuat kesimpulan
pelajaran;
b)
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2)
Kegiatan
guru yaitu:
a)
Melakukan
penilaian;
b)
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
c)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan II:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal 10 menit):
Dalam kegiatan pendahuluan, guru:
1)
Mengondisikan
suasana belajar yang menyenangkan;
2)
Mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya dan dikembangkan berkaitan
dengan kompetensi yang akan dipelajari;
3)
Menyampaikan
kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari;
4)
Menyampaikan
garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan;
5)
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan;
b. Kegiatan Inti (100 menit):
1.
Pemberian stimulus terhadap
siswa.
·
Pada awal pembelajaran,
guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengamati materi
pembelajaran berbasis orientasi masalah.
·
Melalui Tanya jawab,
peserta didik sambil membaca materi dan memahami fungsi dan macam-macam
perintah dasar command prompt.
2.
Identifikasi masalah.
·
Melalui
praktikum, guru membimbing peserta didik dalam menggunakan macam-macam perintah
dasar command prompt.
3.
Mengumpulkan Data.
· Peserta
didik mengembangkan perintah dasar command prompt digunakan untuk memanipulasi data.
4.
Pembuktian.
· Guru menganalisis dan mengevaluasi
hasil praktikum setiap peserta didik.
5.
Menarik kesimpulan.
·
Peserta didik dengan hasil terbaik, memaparkan hasil
praktikum didepan peserta didik yang lain.
c. Penutup (15 menit):
Kegiatan penutup terdiri atas:
1)
Kegiatan
guru bersama peserta didik yaitu:
a)
Membuat kesimpulan
pelajaran;
b)
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan; dan
c)
Memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
2)
Kegiatan
guru yaitu:
a)
Melakukan
penilaian;
b)
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
c)
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.
ALAT/BAHAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN:
1) Alat :
Komputer, LCD/Proyektor
2) Bahan :
Lembar Kerja/ Job Sheet.
3) Media :
Buku / Internet, Power Point
I.
SUMBER BELAJAR:
1)
http://www.m-edukasi.web.id/2014/09/buku-simulasi-digital-kelas-x-semester.html...
2)
Buku Siswa Simulasi Digital Kelas X Jilid 1 Semester
Ganjil, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3)
Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig),
Direktorat Pembinaan SMK.
J.
PENILAIAN PEMBELAJARAN:
1) Teknik Penilaian:
a.
Penugasan.
b.
Praktikum.
2) Instrumen Penilaian:
a.
Instrumen
Penilaian Pengetahuan
Soal :
1.
Uraikan pendapat
anda tentang logika dan algoritma!
2.
Uraikan pendapat
anda manfaat mempelajari tentang logika!
3.
Ada berbagai
bentuk cara mengkomunikasikan algoritma, contohkah 3 macam bentuknya!
4.
Kemukakan
menurut pendapat anda, tahapan-tahapan algoritma turn on dan turn off
computer!
5.
Buatlah diagram
alir berangkat sekolah!
0 Response to "RPP KD 3.1 & 4.1 Algoritma Simulasi dan Komunikasi Digital Kurikulum 2013 REVISI 2018"
Post a Comment