RPP KD 3.2 DAN 4.2 sistem pelumasan memelihara mesin kendaraan Ringan Kurikulum 2013 Revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: SMK Negeri 1 Way Serdang
Kelas
: X
Semester
: Ganjil
Mata Pelajaran
: Memelihara Mesin Kendaraan Ringan
Topik
: Sistem Pelumasan
Waktu
: 24 JP (@ 45 Menit)



untuk download fersi PDF silahkan KLIK DISINI


A. Kompetensi Inti
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan   lingkup kerja Gambar Teknik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4 :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Gambar Teknik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

B. Kompetensi Dasar
3.2
Menerapkan cara perawatan sistem pelumasan
4.2
Merawat berkala sistem pelumasan
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.1
 Mampu memahami Sistem Pelumasan
3.2.2
 Mampu Merawat berkala sistem pelumasan
4.2.1
 Mampu mengklarifikasi Sistem Pelumasan
4.2.2
 Mampu mengidentifikasi Sistem Pelumasan
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu :
1.
Memahami dan mengidentifikasi jenis-jenis Sistem Pelumasan
2.
Terlibat aktif dan mandiri mengajukan pertanyaan tentang Sistem Pelumasan
3.
Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Sistem Pelumasan
4.
Mengkategorikan data menentukan hubungan, jenis dan fungsi Sistem Pelumasan
5.
Menyimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkai dengan Sistem Pelumasan
6.
Menggunakan Sistem Pelumasan
E. Materi Pembelajaran
1.
Pengenalan Sistem Pelumasan
2.
Jenis-jenis Sistem Pelumasan
3.
Teknik penggunaan Sistem Pelumasan
F. Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific dan PBL (Problem Based Learning)
Model Pembelajaran
: Cooperative Learning
Metode
: Penugasan, diskusi, tanya jawab, demonstrasi
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru menjelaskan topik, tujuan dan manfaat kompetensi yang akan dicapai setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran
Inti
1
Guru bertanya tentang mengapa kita belajar Sistem Pelumasan
325 Menit
2
Guru menjelaskan bahawa dalam Teknik Kendaraan Ringan wajib bagi kita untuk memahami tentang Sistem Pelumasan
3
Dengan tanya jawab, disimpulkan bahwa dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan di bengkel kita harus memahami semua sistem dan komponen kendaraan, salah satunya yaitu Sistem Pelumasan
4
Dengan tanya jawab siswa diyakinkan bahwa dalam kerja bengkel wajib untuk memahami tentang Sistem Pelumasan
5
Selanjutnya dengan alat bantu slide presentasi, guru membuka cakrawala luas siswa tentang definisi, jenis dang fungsi dari Sistem Pelumasan
6
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
7
Tiap kelompok mendapat tugas untuk mendefinisikan fungsi-fungsi dan cara kerja Sistem Pelumasan
8
Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya
9
Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
10
Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
11
Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai fungsi, jenis dan cara kerja Sistem Pelumasan berdasarkan hasil review terhadap presentasi salah satu kelompok.
12
Guru memberikan soal yang terkait dengan fungsi dan prosedur pemeriksaan Sistem Pelumasan
13
Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat
14
Guru memberikan  soal untuk dikerjakan tiap siswa, dan dikumpulkan
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Pelumasan
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Pelumasan
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan kelas dengan bersalaman


Pertemuan ke-2
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru meminta siswa mengumpulkan tugas rumah
5
Guru bertanya apakah ada kesulitan dalam mengerjakan tugas
6
Jika ada guru meminta siswa yang lain untuk memberikan solusinya
7
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
8
Guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran dengan sub topic berikutnya
Inti
1
Guru bertanya tentang jenis-jenis Sistem Pelumasan
325 menit
2
Bila siswa belum mampu menjawab, guru membuka cakrawala siswa tentang Sistem Pelumasan dengan media slide presentasi.
3
Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang  terdiri dari 4 siswa tiap kelompok
4
Guru meminta tiap kelompok untuk berdiskusi tentang Sistem Pelumasan
5
Guru memita salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapinya dengan bertanya ataupun memberi sanggahan terhadap apa yang disampaikan kelompok yang presentasi
6
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
7
Guru meminta siswa/kelompok untuk memberikan kesimpulan mengenai hasil diskusi
8
Guru mengajak siswa untuk berganti pakaian praktik dan menuju RPS
9
Guru memberikan penjelasan dan demonstrasi praktik kepada siswa
10
Guru membagikan jobsheet kepada tiap kelompok
11
Guru meminta siswa untuk bekerja sama per kelompok melakukan praktik berdasarkan jobsheet
12
Selama prakti, guru memperhatikan dan membimbing siswa apabila siswa/kelompok mengalami masalah atau kesulitan
13
Siswa mengumpulkan jobsheet hasil praktik
14
Guru memberikan penilaian terhadap kerja kelompok siswa masing-masing
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Pelumasan
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Pelumasan
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan RPS dengan bersalaman


Pertemuan ke-3
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru meminta siswa mengumpulkan tugas rumah
5
Guru bertanya apakah ada kesulitan dalam mengerjakan tugas
6
Jika ada guru meminta siswa yang lain untuk memberikan solusinya
7
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
8
Guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran dengan sub topic berikutnya
Inti
1
Guru bertanya tentang jenis-jenis Sistem Pelumasan
325 menit
2
Bila siswa belum mampu menjawab, guru membuka cakrawala siswa tentang Sistem Pelumasan dengan media slide presentasi.
3
Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang  terdiri dari 4 siswa tiap kelompok
4
Guru meminta tiap kelompok untuk berdiskusi tentang Sistem Pelumasan
5
Guru memita salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapinya dengan bertanya ataupun memberi sanggahan terhadap apa yang disampaikan kelompok yang presentasi
6
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
7
Guru meminta siswa/kelompok untuk memberikan kesimpulan mengenai hasil diskusi
8
Guru mengajak siswa untuk berganti pakaian praktik dan menuju RPS
9
Guru memberikan penjelasan dan demonstrasi praktik kepada siswa
10
Guru membagikan jobsheet kepada tiap kelompok
11
Guru meminta siswa untuk bekerja sama per kelompok melakukan praktik berdasarkan jobsheet
12
Selama prakti, guru memperhatikan dan membimbing siswa apabila siswa/kelompok mengalami masalah atau kesulitan
13
Siswa mengumpulkan jobsheet hasil praktik
14
Guru memberikan penilaian terhadap kerja kelompok siswa masing-masing
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Pelumasan
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Pelumasan
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan RPS dengan bersalaman


H. Alat, Media dan Sumber Belajar
1.
Alat dan Bahan
Adapun alat bahan dalam pembelajaran ini yaitu :
2.
Media
Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu flipchart dan presentasi power point
3.
Sumber Pembelajaran
Adapun sumber belajar pada pembelajaran ini yaitu :

I. Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian
Pengamatan, Tes Tertulis/Lisan dan Praktik menggunakan Engine dan Mekanisme Katub
2.
Prosedur Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengamatan
Pengamatan dan Tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok

a.  Menyebutkan macam-macam Sistem Pelumasan


b.  Menjelaskan kembali fungsi-fungsi dan prosedur penggunaan Sistem Pelumasan

2.
Ketereampilan

Praktik


Penyelesaian praktik

Terampil menggunakan Sistem Pelumasan Sesuai prosedur


K. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
1. Pengetahuan
a.
Soal
1.   Alat tangan (hand tools) adalah.....
2. Sebutkan contoh hanstool beserta cara penggunaannya? (min 5)
3. Sebutkan kelebihan kunci inggris dibandingkan kunci pas?
4. Jelaskan mengapa dalam menggunakan hanstools harus sesuai dengan SOP!
b.
Kunci Jawaban

untuk download fersi PDF silahkan KLIK DISINI

0 Response to "RPP KD 3.2 DAN 4.2 sistem pelumasan memelihara mesin kendaraan Ringan Kurikulum 2013 Revisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel