RPP Kelas 1 Tema 6 Revisi
Monday, July 8, 2019
Add Comment
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 6 : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1 : Lingkungan
Rumahku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal teks
petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan keseha-tan dan
kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman de-ngan bahasa Indonesia lisan
dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk membantu
pemahaman
4.4 Menyampaikan
teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Menjelaskan dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
¡ Menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
¡ Menyimak dan menceritakan kembali pendapat teman
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡ Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
¡ Mempraktikkan cara
membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal lambang
bilangan dan mendes-kripsikan kemunculan bilangan dengan baha-sa yang sederhana
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.4 Menunjukkan
pemaha-man tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah
bila-ngan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, seko-lah, atau tempat bermain
¡ Membilang 41-60
¡ Menulis lambang
bilangan 41-60
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati gambar, siswa dapat membedakan keadaan rumah
yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
¡ Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan keadaan
rumahnya.
¡ Setelah menyimak cerita temannya, siswa dapat menceritakan
kembali cerita yang didengarnya.
¡ Setelah bermain peran, siswa dapat menjelaskan cara menjaga
kebersihan rumah dengan benar.
¡ Setelah bermain peran, siswa dapat mempraktikkan cara merapikan
rumah dengan benar sesuai kemampuannya.
¡ Setelah menghitung bersama guru, siswa dapat membilang 41–60
dengan benar.
¡ Setelah mengenal lambang bilangan 41–60, siswa dapat menulis
lambang bilangan 41-60 dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menceritakan tentang Kebersihan Rumah
¡ Mengenal Nama Bilangan dan Lambang Bilangan 41 Sampai 60
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan bagian
satu:
¡
Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menanyakan kegiatan pagi
siswa. Siswa
menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari.
(Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan
guru. (Menanya)
¡
Siswa menyimak, guru
mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang
tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri. (Mengamati)
¡
Siswa memperhatikan guru
menunjukkan dua gambar pada buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa membandingkan dua
gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan berikut: mana yang lebih indah? Mana yang
lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita? (Mengasosiasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan
guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi. (Mengamati)
¡
Siswa berdiskusi tentang
bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa berpasangan sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya.
Apakah rumahnya
bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
¡
Siswa bergantian mendengarkan
pendapat temannya.
¡
Siswa menceritakan keadaan
rumah pasangannya.
¡
Setelah semua siswa bercerita,
siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain rumah-rumahan
(bermain peran).
¡ Setelah
bercakap-cakap, siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi
peran yang harus dimainkan (ayah, ibu,
kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya, yaitu tentang orang tua yang
mengajak anaknya membantu membersihkan dan merapikan rumah. (Mengamati)
¡
Siswa menjawab pertanyaan
tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam bermain peran
tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika rumahnya tidak rapi?
Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak? (Menanya)
¡
Siswa menyimak pengarahan guru
dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran. (Mengamati)
¡
Setiap kelompok menampilkan
permainan perannya secara bergantian. (Mengasosiasi)
¡
Jika memungkinkan, kegiatan
ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar siswa dapat
memperagakan cara merapikan tempat tidur.
¡
Setelah itu, siswa menyimpulkan
tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah.
(Mengkomunikasikan)
¡
Siswa melakukan refleksi kegiatan
dengan arahan guru. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru, apakah mereka pernah
membersihkan halaman rumah. (Menanya)
¡
Guru menerangkan bahwa di halaman rumah yang banyak pohon
besarnya, akan banyak daun-daun yang berjatuhan. Kita dapat membersihkannya
dengan menyapu. Pada saat menyapu, biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil
yang terbawa. (Mengasosiasi)
¡
Di halaman sekolah banyak
pohon besar dan daundaunnya yang berserakan.
¡
Siswa dibawa ke luar halaman
sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil dengan dibantu
guru.
¡ Siswa
kembali ke kelas masing-masing, lalu
menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang mereka kumpulkan bersama-sama guru.
¡
Setelah selesai
berhitung siswa mendengarkan penjelasan guru bagaimana menulis lambang
bilangan 41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambang bilangan 40
yang telah mereka pelajari sebelumnya.
¡
Beberapa siswa diajak ke depan
untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil membilang.
¡
Siswa berlatih menulis lambang
bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng yang
disediakan. (Mengasosiasi)
¡
Jika diperlukan, siswa dapat
meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk mengecek pemahaman
siswa.
¡
Setelah selesai, siswa dapat
berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan guru.
Kegiatan pilihan tambahan/pengayaan:
Siswa berlomba membilang
¡
Guru menyiapkan kartu angka 41- 60 dan berbagai benda kecil
sejumlah 60 untuk setiap kelompok.
¡
Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok. Setiap kelompok mendapat sejumlah benda kecil tersebut. (Mengekplorasi)
¡
Siswa bersiap-siap untuk
berlomba. Setiap kelompok akan bertanding dengan menugaskan anggotanya untuk
berlomba secara bergantian.
¡
Guru mengangkat satu kartu
angka. Perwakilan setiap kelompok menghitung jumlah benda sesuai angka yang
tertera di kartu. Peserta yang paling cepat dan benar mendapat nilai untuk kelompoknya. Permainan dilanjutkan
dengan peserta kedua. Permainan dilakukan hingga semua siswa mendapat
kesempatan berlomba. Kelompok yang nilainya tertinggi menjadi pemenang.
¡
Selesai kegiatan, siswa
mengerjakan latihan pada buku siswa. (Mengasosiasi)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan /
rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Gambar keadaan rumah yang bersih dan rapi serta yang tidak
bersih dan tidak rapi
¡ Benda-benda kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan kerikil)
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis
(buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
Rubrik Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran
tentang Keadaan Rumah
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
|||
1
|
Kemampuan mendeskripsikan keadaan rumahnya
|
Memenuhi empat aspek (kalimatnya
runtut, deskripsi detail, lancar, dan percaya diri)
|
Memenuhi tiga dari empat aspek
|
Memenuhi dua dari empat aspek
|
Memenuhi satu dari empat aspek
|
|||
2
|
Kemampuan menceritakan keadaan rumah
teman
|
Seluruhnya sesuai isi cerita, struktur
kalimat benar dan runtut
|
Seluruhnya sesuai isi cerita, tapi
struktur kalimat perlu diperbaiki
|
Sebagian tidak sesuai isi cerita dan
struktur kalimat perlu diperbaiki
|
Tidak sesuai, dan belum mampu menyusun
kalimat dengan struktur yang benar
|
|||
3
|
Kemampuan bermain peran
|
Memenuhi tiga aspek (percaya
diri, dialog lancar, mampu berekspresi
|
Memenuhi dua dari tiga aspek
|
Memenuhi satu dari tiga kriteria
|
Belum mampu memenuhi semua kriteria
|
|||
Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU
SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000
|
Mesuji , 2019
Guru Kelas 1
AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002
|
|||||||
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 6 : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1 : Lingkungan
Rumahku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskrip-tif tentang anggota tu-buh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata baha-sa daerah untuk
mem-bantu pemahaman
4.1 Mengamati dan
meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator :
¡ Membaca nyaring wacana tentang rumah yang bersih, rapi, dan
sehat
¡ Menjawab pertanyaan tentang wacana
¡ Menulis dan melafalkan huruf dan kata yang mengandung huruf ng
dan ny
Matematika
3.4 Menunjukkan
pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1 Mengurai sebuah
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator :
¡ Mengidentifikasi operasi penjumlahan dua angka
¡ Mengidentifikasi operasi pengurangan dari 20
¡ Menyelesaikan soal penjumlahan dengan hasil maksimal 60
¡ Menyelesaikan soal pengurangan 1-20
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal pola
irama lagu bervariasi menggunakan alat
musik ritmis
4.7 Menyanyikan lagu
anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator :
¡ Menghafal lirik lagu
¡ Menyanyikan lagu di depan teman-teman
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat membaca nyaring
teks dengan lancar.
¡ Setelah membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan
sesuai isi bacaan dengan tepat.
¡ Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan, siswa dapat menulis
kata-kata yang mempunyai huruf ng dan ny dengan benar.
¡ Setelah mendengar dan mengamati, siswa dapat menghafal lirik
lagu Si Nyamuk Nakal dengan tepat.
¡ Setelah mendengar dan mengamati contoh, siswa dapat
menyanyikan lagu Si Nyamuk Nakal dengan nada tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Menulis dan Mengucapkan Kata Dengan ng dan yy
¡ Menyanyi Lagu Si Nyamuk Nakal
¡ Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dua Angka
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan bagian
satu:
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang pelajaran hari
sebelumnya. (Siapa yang tadi pagi membantu merapikan kamar? Bagaimana
perasaan kita jika melihat kamar dan rumah yang bersih dan rapi? Selain indah
dipandang, apa manfaat rumah yang bersih dan rapi?) (Menanya)
¡
Siswa mengamati gambar dan
bacaan yang ada pada buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa mengikuti guru
memberikan contoh cara membaca dengan intonasi dan ejaan yang benar. (Mengekplorasi)
¡
Siswa membaca wacana yang ada
pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.
¡
Siswa memperhatikan guru
menuliskan kata pangkal dan menyapu di papan tulis dan menyimak penjelasan tentang
arti kata pangkal. (Mengamati)
¡
Guru menguraikan kata dan
menuliskannya di papan tulis: pangkal: pang - kal, p - a - ng - k - a - l dan
menyapu: me - nya - pu, m - e - n - y - a - p - u. (Guru menekankan pada
huruf ng dan ny dan mengajarkan bunyinya).
¡
Siswa diminta menyebutkan
kata-kata lain yang mengandung ny dan ng. (Mengasosiasi)
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang isi bacaan.
¡
Siswa mengerjakan latihan menulis
ng dan ny. (Mengekplorasi)
¡
Kegiatan pilihan: siswa
bermain sambil belajar membaca kartu kata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan
dan yang mengandung ng dan ny, misalnya lingkungan, mengepel, memotong,
cangkul, gunting rumput, pengki, gayung, nyamuk, menyapu, menyala, minyak,
dan lain-lain.
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang akibat malas membersihkan rumah. Misalnya, apa akibatnya jika malas
membersihkan sampah atau malas membersihkan selokan di sekitar rumah?
¡
Siswa mendengarkan penjelasan
guru bahwa mereka akan mengingat pentingnya bersih-bersih dengan menyanyikan
lagu.
¡
Guru memberi contoh dengan
menyanyikan lagu tersebut dan siswa menirukan.
¡
Guru menyiapkan teks lirik
lagu Si Nyamuk Nakal di papan tulis. Guru membimbing siswa membaca lirik tersebut.
¡
Setelah siswa menghafal lirik
lagu, siswa bernyanyi bersama dan mengulanginya beberapa kali. (Mengasosiasi)
¡
Siswa berlatih bersama teman
sebangkunya serta saling membimbing dan menilai.
¡
Setelah hafal, minta siswa
menyanyi satu per satu atau dengan kelompok kecil (2 sampai 4 orang). (Mengasosiasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa mengingat kembali tentang membilang angka 41 sampai 60.
¡
Siswa berlomba menulis lambang
bilangan dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan
guru mengenai cara menentukan pasangan bilangan dengan hasil tertentu.
¡
Siswa menentukan pasangan
bilangan dengan jumlah tertentu menggunakan kartu-kartu bilangan.
¡
Siswa mengamati gambar pada
buku siswa.
¡
Siswa mengerjakan contoh soal
yang disediakan guru di papan tulis. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa mengerjakan latihan pada
buku siswa. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil
belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kartu kata (untuk kegiatan pilihan)
¡ Lirik lagu Si Nyamuk Nakal berukuran besar untuk ditempel di
papan tulis (atau ditulis tangan oleh guru di papan tulis)
¡ Beberapa set kartu bilangan 41 sampai 60
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis
(buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja
Menyanyikan Lagu Si Nyamuk Nakal
Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bim-bingan (1)
|
Kemampuan bernyanyi
|
Memenuhi tiga aspek (hafal lirik,
nada tepat, dan ekspresif)
|
Memenuhi dua dari tiga aspek
|
Memenuhi satu dari tiga aspek
|
Belum mampu memenuhi semua aspek
|
Kepercayaan diri
|
Tidak terlihat ragu-ragu
|
Terlihat ragu-ragu
|
Memerlukan bantuan guru
|
Belum berani tampil bernyanyi
|
Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU
SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000
|
Mesuji , 2019
Guru Kelas 1
AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 6 : Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1 : Lingkungan
Rumahku
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.1 Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator :
¡ Membaca puisi tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
¡ Mengidentifikasi isi puisi
PPKn
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
¡ Mengidentifikasi kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga
kebersihan di rumah
¡ Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengetahui konsep
gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan,
arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan
pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang diguna
kan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
¡ Mengidentifikasi gerak senam yang diajarkan dengan tepat
¡ Melakukan gerak senam
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca puisi tentang
kebiasaan hidup sehat dengan benar.
¡ Setelah membaca puisi dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi
kebiasaan sehat dengan benar.
¡ Setelah membaca puisi dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi
kebiasaan tidak sehat dengan benar.
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan kebiasaan
sehat dirinya di rumah dengan benar.
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan kebiasaan
tidak sehat dirinya di rumah dengan benar.
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat bergerak mengikuti irama
musik dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membaca Puisi Rumahku
¡ Mengetahui Kebiasaan Baik yang Membuat Rumah Bersih dan Sehat
¡ Melakukan Senam Irama
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
¡ Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah kegiatan bagian
satu:
¡
Siswa mengamati teks puisi yang
terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan guru
menjelaskan teks tersebut adalah puisi dan bahwa puisi dibaca dengan cara yang berbeda
dari membaca teks biasa.
¡
Siswa membaca teks puisi
seperti biasa untuk memahami isinya.
¡
Siswa menyimak guru
mencontohkan membaca puisi dengan gaya dan penghayatan.
¡
Siswa berlatih membaca puisi
dengan gayanya sendiri. Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil
dan saling memberi masukan kepada temannya. (Mengekplorasi)
¡
Siswa membaca puisi di depan
kelas secara bergantian.
¡
Setelah kegiatan membaca puisi
di atas, siswa berdiskusi dan menceritakan kebiasaan yang sehat dan yang
tidak sehat. (Mengasosiasi)
¡
Siswa melihat gambar-gambar
pada buku siswa. Siswa memberi pendapat tentang gambar-gambar tersebut, apakah termasuk
kebiasaan sehat atau tidak. Siswa memberi tanda centang (ü) pada gambar kebiasaan sehat dan tanda silang (ü) pada gambar kebiasaan yang tidak sehat. (Mengasosiasi)
¡
Setelah selesai, guru bertanya
apakah siswa mengetahui kebiasaan sehat dan tidak sehat lainnya yang mereka dan
keluarganya lakukan di rumah.
¡
Siswa melakukan diskusi dengan
diawali guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin diskusi dan satu siswa
untuk mencatat hasil diskusi secara sederhana. Siswa lain memberikan pendapat
mereka. Pada akhir diskusi,
pemimpin diskusi menyampaikan secara lisan kesimpulan dan ringkasan hasil
diskusi. (Mengasosiasi)
¡
Kegiatan pilihan: secara
berkelompok membuat kliping gambar kegiatan sehat dan tidak sehat. Penilaian dilakukan
berdasarkan pemahaman terhadap konsep materi dan kemampuan bekerja sama dalam
kelompok. (Mengasosiasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Siswa diingatkan kembali tentang kegiatan membersihkan rumah
(menyapu, mengelap jendela, mengepel, mencuci baju dan menjemurnya, menjemur
kasur dan menepuk-nepuknya dengan sapu/penebah, menggali selokan, mengubur
sampah, dll). Agar lebih baik, gunakan alat bantu gambar/poster/video.
¡
Siswa menyimak penjelasan guru
menyampaikan bahwa bekerja
membersihkan rumah dapat sekaligus bermanfaat untuk berolahraga karena
menggerakkan anggota tubuh dengan maksimal.
¡
Guru mencontohkan beberapa
gerakan, misalnya gerakan mengelap jendela yang tinggi dengan berjinjit dan
mengulurkan tangan tinggi-tinggi kemudian menggerakkannya ke kanan dan ke
kiri, gerakan mencangkul dengan membungkukkan badan dan mengayun tangan, dan
lain-lain.
¡
Siswa menirukan gerakan guru
yang berkaitan dengan kegiatan membersihkan rumah.
¡
Siswa membentuk kelompok,
setiap kelompok berdiskusi dan berlatih gerakan sesuai keinginan dan
imajinasi mereka.
¡
Setiap kelompok tampil secara
bergiliran. Lakukan kegiatan sampai semua kelompok mendapatkan giliran.
¡
Selesai kegiatan, siswa melakukan refleksi.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil
belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing
(untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Lingkungan
Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Koran/majalah bekas untuk kegiatan pilihan
¡ Gambar/video tentang kegiatan kebersihan
¡ Pemutar lagu (radio, tip, komputer, telepon genggam dengan
pengeras suara).
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis
(buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
1. Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum terlihat (ü)
|
1.
|
Partisipasi dalam mengemukakan
pendapat
|
. . .
|
. . .
|
2.
|
Partisipasi dalam bertanya
|
. . .
|
. . .
|
3.
|
Partisipasi dalam menjawab
pertanyaan
|
. . .
|
. . .
|
2. Observasi
Lembar Pengamatan Gerakan Senam
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (ü)
|
Belum terlihat (ü)
|
1.
|
Ketepatan dalam melakukan gerakan senam
|
. . .
|
. . .
|
2.
|
Antusiasme dalam mengikuti senam
|
. . .
|
. . .
|
3.
|
Ketertiban dalam mengikuti kegiatan
|
. . .
|
. . .
|
Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU
SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000
|
Mesuji , 2019
Guru Kelas 1
AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002
|
DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI
0 Response to "RPP Kelas 1 Tema 6 Revisi"
Post a Comment