RPP Kelas 1 Tema 6 Revisi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 6                             :   Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1                      :   Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                  :   1
Alokasi Waktu                 :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Kompetensi Dasar (KD)
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.2      Mengenal teks petunjuk/arahan tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan keseha-tan dan kebugaran tubuh dengan bantuan guru atau teman de-ngan bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosa kata bahasa dae-rah untuk membantu pemahaman
4.4      Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam Bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡    Menjelaskan dua keadaan yang berbeda dari suatu gambar
¡    Menceritakan isi bacaan dengan bahasa sendiri
¡    Menyimak dan menceritakan kembali pendapat teman

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Kompetensi Dasar (KD)
3.2      Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2      Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
Indikator :
¡    Menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah
¡    Mempraktikkan cara membersihkan dan merapikan rumah dan kamar tidur

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1      Mengenal lambang bilangan dan mendes-kripsikan kemunculan bilangan dengan baha-sa yang sederhana
3.2      Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.4      Menunjukkan pemaha-man tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1      Mengurai sebuah bila-ngan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, seko-lah, atau tempat bermain
¡    Membilang 41-60
¡    Menulis lambang bilangan 41-60

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡    Setelah mengamati gambar, siswa dapat membedakan keadaan rumah yang bersih dan rapi dan rumah yang tidak bersih dan tidak rapi.
¡    Setelah mengamati gambar, siswa dapat menceritakan keadaan rumahnya.
¡    Setelah menyimak cerita temannya, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarnya.
¡    Setelah bermain peran, siswa dapat menjelaskan cara menjaga kebersihan rumah dengan benar.
¡    Setelah bermain peran, siswa dapat mempraktikkan cara merapikan rumah dengan benar sesuai kemampuannya.
¡    Setelah menghitung bersama guru, siswa dapat membilang 41–60 dengan benar.
¡    Setelah mengenal lambang bilangan 41–60, siswa dapat menulis lambang bilangan 41-60 dengan tepat.


D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡    Menceritakan tentang Kebersihan Rumah
¡    Mengenal Nama Bilangan dan Lambang Bilangan 41 Sampai 60

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡  Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menanyakan kegiatan pagi siswa. Siswa menjelaskan apa saja yang dilakukannya pada pagi hari. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru. (Menanya)
¡  Siswa menyimak, guru mengarahkan diskusi mengenai apa yang dapat dilakukan siswa untuk membantu orang tua merapikan rumah, misalnya dengan merapikan kamar tidur sendiri. (Mengamati)
¡  Siswa memperhatikan guru menunjukkan dua gambar pada buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa membandingkan dua gambar. Siswa diminta untuk membandingkan melalui panduan pertanyaan  berikut: mana yang lebih indah? Mana yang lebih nyaman ditinggali? Mana yang sebaiknya terjadi di rumah kita? (Mengasosiasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru, mengapa rumah harus bersih dan rapi. (Mengamati)
¡  Siswa berdiskusi tentang bagaimana kita menciptakan rumah yang bersih dan rapi dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa berpasangan sesuai arahan guru. Mereka diminta saling menceritakan keadaan rumahnya. Apakah rumahnya bersih dan rapi? Jika tidak, apa yang harus dilakukan?
¡  Siswa bergantian mendengarkan pendapat temannya.
¡  Siswa menceritakan keadaan rumah pasangannya.
¡  Setelah semua siswa bercerita, siswa diajak guru untuk bercakap-cakap mengenai bermain rumah-rumahan (bermain peran).
¡  Setelah bercakap-cakap, siswa menjawab pertanyaan apakah siswa suka bermain rumah-rumahan (bermain peran).
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan bermain peran. Guru memberi peran yang harus dimainkan (ayah, ibu, kakak, adik) dan garis besar jalan ceritanya, yaitu tentang orang tua yang mengajak anaknya membantu membersihkan dan merapikan rumah. (Mengamati)
¡  Siswa menjawab pertanyaan tentang apa yang harus diucapkan dan dilakukan oleh siswa dalam bermain peran tersebut. Misalnya, sebagai ibu, bagaimana sikapnya jika rumahnya tidak rapi? Apa yang akan dikatakannya terhadap sang ayah dan anak? (Menanya)
¡  Siswa menyimak pengarahan guru dalam memilih peran dan menggunakan alat bantu dalam bermain peran. (Mengamati)
¡  Setiap kelompok menampilkan permainan perannya secara bergantian. (Mengasosiasi)
¡  Jika memungkinkan, kegiatan ini dapat dilangsungkan di luar ruang kelas, seperti di UKS agar siswa dapat memperagakan cara merapikan tempat tidur.
¡  Setelah itu, siswa menyimpulkan tentang bagaimana cara ikut menjaga kebersihan rumah. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa melakukan refleksi kegiatan dengan arahan guru. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru, apakah mereka pernah membersihkan halaman rumah. (Menanya)
¡  Guru menerangkan bahwa di halaman rumah yang banyak pohon besarnya, akan banyak daun-daun yang berjatuhan. Kita dapat membersihkannya dengan menyapu. Pada saat menyapu, biasanya terdapat kerikil-kerikil kecil yang terbawa. (Mengasosiasi)
¡  Di halaman sekolah banyak pohon besar dan daundaunnya yang berserakan.
¡  Siswa dibawa ke luar halaman sekolah dan diminta mengumpulkan 60 lembar daun atau 60 kerikil dengan dibantu guru.
¡  Siswa kembali ke kelas masing-masing, lalu menghitung kembali daun-daun dan kerikil yang mereka kumpulkan bersama-sama guru.
¡  Setelah selesai berhitung siswa mendengarkan penjelasan guru bagaimana menulis lambang bilangan 41-60. Siswa diingatkan kembali cara menulis lambang bilangan 40 yang telah mereka pelajari sebelumnya.
¡  Beberapa siswa diajak ke depan untuk menulis lambang bilangan 40, 41, 42, 43, dan seterusnya sambil membilang.
¡  Siswa berlatih menulis lambang bilangan dan nama bilangan 41 - 60 di buku siswa di gambar kelereng yang disediakan. (Mengasosiasi)
¡  Jika diperlukan, siswa dapat meminta penjelasan tambahan dari guru yang berkeliling untuk mengecek pemahaman siswa.
¡  Setelah selesai, siswa dapat berlatih membilang 1-60 dengan berbagai benda yang disediakan guru.

Kegiatan pilihan tambahan/pengayaan:
Siswa berlomba membilang
¡  Guru menyiapkan kartu angka 41- 60 dan berbagai benda kecil sejumlah 60 untuk setiap kelompok.
¡  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok mendapat sejumlah benda kecil tersebut. (Mengekplorasi)
¡  Siswa bersiap-siap untuk berlomba. Setiap kelompok akan bertanding dengan menugaskan anggotanya untuk berlomba secara bergantian.
¡  Guru mengangkat satu kartu angka. Perwakilan setiap kelompok menghitung jumlah benda sesuai angka yang tertera di kartu. Peserta yang paling cepat dan benar mendapat nilai  untuk kelompoknya. Permainan dilanjutkan dengan peserta kedua. Permainan dilakukan hingga semua siswa mendapat kesempatan berlomba. Kelompok yang nilainya tertinggi menjadi pemenang.
¡  Selesai kegiatan, siswa mengerjakan latihan pada buku siswa. (Mengasosiasi)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡    Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Buku Siswa Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Gambar keadaan rumah yang bersih dan rapi serta yang tidak bersih dan tidak rapi
¡    Benda-benda kecil sejumlah 60 buah (daun kering dan kerikil)

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)
3. Penilaian keterampilan:
Rubrik Mendeskripsikan, Menceritakan, dan Bermain Peran tentang Keadaan Rumah
No
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)

1
Kemampuan mendeskripsikan keadaan rumahnya
Memenuhi empat aspek (kalimatnya runtut, deskripsi detail, lancar, dan percaya diri)
Memenuhi tiga dari empat aspek
Memenuhi dua dari empat aspek
Memenuhi satu dari empat aspek

2
Kemampuan menceritakan keadaan rumah teman
Seluruhnya sesuai isi cerita, struktur kalimat benar dan runtut
Seluruhnya sesuai isi cerita, tapi struktur kalimat perlu diperbaiki
Sebagian tidak sesuai isi cerita dan struktur kalimat perlu diperbaiki
Tidak sesuai, dan belum mampu menyusun kalimat dengan struktur yang benar

3
Kemampuan bermain peran
Memenuhi tiga aspek (percaya diri, dialog lancar, mampu berekspresi
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga kriteria
Belum mampu memenuhi semua kriteria

Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000

Mesuji ,                       2019
Guru Kelas 1




AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 6                             :   Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1                      :   Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1      Mengenal teks deskrip-tif tentang anggota tu-buh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata baha-sa daerah untuk mem-bantu pemahaman
4.1      Mengamati dan meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡    Membaca nyaring wacana tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
¡    Menjawab pertanyaan tentang wacana
¡    Menulis dan melafalkan huruf dan kata yang mengandung huruf ng dan ny

Matematika
3.4      Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
4.1      Mengurai sebuah bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
Indikator :
¡    Mengidentifikasi operasi penjumlahan dua angka
¡    Mengidentifikasi operasi pengurangan dari 20
¡    Menyelesaikan soal penjumlahan dengan hasil maksimal 60
¡    Menyelesaikan soal pengurangan 1-20

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2      Mengenal pola irama lagu  bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7      Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator :
¡    Menghafal lirik lagu
¡    Menyanyikan lagu di depan teman-teman

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡    Setelah melihat contoh dari guru, siswa dapat membaca nyaring teks dengan lancar.
¡    Setelah membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai isi bacaan dengan tepat.
¡    Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan, siswa dapat menulis kata-kata yang mempunyai huruf ng dan ny dengan benar.
¡    Setelah mendengar dan mengamati, siswa dapat menghafal lirik lagu Si Nyamuk Nakal dengan tepat.
¡    Setelah mendengar dan mengamati contoh, siswa dapat menyanyikan lagu Si Nyamuk Nakal dengan nada tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡    Menulis dan Mengucapkan Kata Dengan ng dan yy
¡    Menyanyi Lagu Si Nyamuk Nakal
¡    Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dua Angka

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pelajaran hari sebelumnya. (Siapa yang tadi pagi membantu merapikan kamar? Bagaimana perasaan kita jika melihat kamar dan rumah yang bersih dan rapi? Selain indah dipandang, apa manfaat rumah yang bersih dan rapi?) (Menanya)
¡  Siswa mengamati gambar dan bacaan yang ada pada buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa mengikuti guru memberikan contoh cara membaca dengan intonasi dan ejaan yang benar. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca wacana yang ada pada buku secara bergantian sesuai arahan guru.
¡  Siswa memperhatikan guru menuliskan kata pangkal dan menyapu di papan tulis dan menyimak penjelasan tentang arti kata pangkal. (Mengamati)
¡  Guru menguraikan kata dan menuliskannya di papan tulis: pangkal: pang - kal, p - a - ng - k - a - l dan menyapu: me - nya - pu, m - e - n - y - a - p - u. (Guru menekankan pada huruf ng dan ny dan mengajarkan bunyinya).
¡  Siswa diminta menyebutkan kata-kata lain yang mengandung ny dan ng. (Mengasosiasi)
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang isi bacaan.
¡  Siswa mengerjakan latihan menulis ng dan ny. (Mengekplorasi)
¡  Kegiatan pilihan: siswa bermain sambil belajar membaca kartu kata yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan dan yang mengandung ng dan ny, misalnya lingkungan, mengepel, memotong, cangkul, gunting rumput, pengki, gayung, nyamuk, menyapu, menyala, minyak, dan lain-lain.
¡  Siswa menjawab pertanyaan guru tentang akibat malas membersihkan rumah. Misalnya, apa akibatnya jika malas membersihkan sampah atau malas membersihkan selokan di sekitar rumah?
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru bahwa mereka akan mengingat pentingnya bersih-bersih dengan menyanyikan lagu.
¡  Guru memberi contoh dengan menyanyikan lagu tersebut dan siswa menirukan.
¡  Guru menyiapkan teks lirik lagu Si Nyamuk Nakal di papan tulis. Guru membimbing siswa membaca lirik tersebut.
¡  Setelah siswa menghafal lirik lagu, siswa bernyanyi bersama dan mengulanginya beberapa kali. (Mengasosiasi)
¡  Siswa berlatih bersama teman sebangkunya serta saling membimbing dan menilai.
¡  Setelah hafal, minta siswa menyanyi satu per satu atau dengan kelompok kecil (2 sampai 4 orang). (Mengasosiasi)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡  Siswa mengingat kembali tentang membilang angka 41 sampai 60.
¡  Siswa berlomba menulis lambang bilangan dengan arahan guru. (Mengekplorasi)
¡  Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai cara menentukan pasangan bilangan dengan hasil tertentu.
¡  Siswa menentukan pasangan bilangan dengan jumlah tertentu menggunakan kartu-kartu bilangan.
¡  Siswa mengamati gambar pada buku siswa.
¡  Siswa mengerjakan contoh soal yang disediakan guru di papan tulis. (Mengkomunikasikan)
¡  Siswa mengerjakan latihan pada buku siswa. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡    Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Buku Siswa Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Kartu kata (untuk kegiatan pilihan)
¡    Lirik lagu Si Nyamuk Nakal berukuran besar untuk ditempel di papan tulis (atau ditulis tangan oleh guru di papan tulis)
¡    Beberapa set kartu bilangan 41 sampai 60







H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:
Unjuk Kerja
Menyanyikan Lagu Si Nyamuk Nakal
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Kemampuan bernyanyi
Memenuhi tiga aspek (hafal lirik, nada tepat, dan ekspresif)
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum mampu memenuhi semua aspek
Kepercayaan diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum berani tampil bernyanyi




Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000

Mesuji ,                       2019
Guru Kelas 1




AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 6                             :   Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
Sub Tema 1                      :   Lingkungan Rumahku
Pembelajaran                  :   3
Alokasi Waktu                 :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 1  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 1  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1      Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1      Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulisan yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
¡    Membaca puisi tentang rumah yang bersih, rapi, dan sehat
¡    Mengidentifikasi isi puisi

PPKn
3.2      Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2      Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator :
¡    Mengidentifikasi kebiasaan baik dan tidak baik dalam menjaga kebersihan di rumah
¡    Mempraktikkan kebiasaan baik dalam menjaga kebersihan di rumah

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
3.2      Mengetahui konsep gerak dasar non lokomotor sesuai dengan dimensi anggotatubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2      Mempraktikkan pola gerak dasar non-lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang diguna kan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha,dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
¡    Mengidentifikasi gerak senam yang diajarkan dengan tepat
¡    Melakukan gerak senam

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca puisi tentang kebiasaan hidup sehat dengan benar.
¡    Setelah membaca puisi dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi kebiasaan sehat dengan benar.
¡    Setelah membaca puisi dan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi kebiasaan tidak sehat dengan benar.
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan kebiasaan sehat dirinya di rumah dengan benar.
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat menceritakan kebiasaan tidak sehat dirinya di rumah dengan benar.
¡    Setelah mengamati contoh, siswa dapat bergerak mengikuti irama musik dengan tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡    Membaca Puisi Rumahku
¡    Mengetahui Kebiasaan Baik yang Membuat Rumah Bersih dan Sehat
¡    Melakukan Senam Irama

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu ”Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri”.
¡  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡  Siswa mengamati teks puisi yang terdapat pada buku siswa. (Mengamati)
¡  Siswa mendengarkan guru menjelaskan teks tersebut adalah puisi dan bahwa puisi dibaca dengan cara yang berbeda dari membaca teks biasa.
¡  Siswa membaca teks puisi seperti biasa untuk memahami isinya.
¡  Siswa menyimak guru mencontohkan membaca puisi dengan gaya dan penghayatan.
¡  Siswa berlatih membaca puisi dengan gayanya sendiri. Siswa dapat berlatih berpasangan atau dalam kelompok kecil dan saling memberi masukan kepada temannya. (Mengekplorasi)
¡  Siswa membaca puisi di depan kelas secara bergantian.
¡  Setelah kegiatan membaca puisi di atas, siswa berdiskusi dan menceritakan kebiasaan yang sehat dan yang tidak sehat. (Mengasosiasi)
¡  Siswa melihat gambar-gambar pada buku siswa. Siswa memberi pendapat tentang gambar-gambar tersebut, apakah termasuk kebiasaan sehat atau tidak. Siswa memberi tanda centang (ü) pada gambar kebiasaan sehat dan tanda silang (ü) pada gambar kebiasaan yang tidak sehat. (Mengasosiasi)
¡  Setelah selesai, guru bertanya apakah siswa mengetahui kebiasaan sehat dan tidak sehat lainnya yang mereka dan keluarganya lakukan di rumah.
¡  Siswa melakukan diskusi dengan diawali guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin diskusi dan satu siswa untuk mencatat hasil diskusi secara sederhana. Siswa lain memberikan pendapat mereka. Pada akhir diskusi, pemimpin diskusi menyampaikan secara lisan kesimpulan dan ringkasan hasil diskusi. (Mengasosiasi)
¡  Kegiatan pilihan: secara berkelompok membuat kliping gambar kegiatan sehat dan tidak sehat. Penilaian dilakukan berdasarkan pemahaman terhadap konsep materi dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok. (Mengasosiasi)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡  Siswa diingatkan kembali tentang kegiatan membersihkan rumah (menyapu, mengelap jendela, mengepel, mencuci baju dan menjemurnya, menjemur kasur dan menepuk-nepuknya dengan sapu/penebah, menggali selokan, mengubur sampah, dll). Agar lebih baik, gunakan alat bantu gambar/poster/video.
¡  Siswa menyimak penjelasan guru  menyampaikan bahwa bekerja membersihkan rumah dapat sekaligus bermanfaat untuk berolahraga karena menggerakkan anggota tubuh dengan maksimal.
¡  Guru mencontohkan beberapa gerakan, misalnya gerakan mengelap jendela yang tinggi dengan berjinjit dan mengulurkan tangan tinggi-tinggi kemudian menggerakkannya ke kanan dan ke kiri, gerakan mencangkul dengan membungkukkan badan dan mengayun tangan, dan lain-lain.
¡  Siswa menirukan gerakan guru yang berkaitan dengan kegiatan membersihkan rumah.
¡  Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok berdiskusi dan berlatih gerakan sesuai keinginan dan imajinasi mereka.
¡  Setiap kelompok tampil secara bergiliran. Lakukan kegiatan sampai semua kelompok mendapatkan giliran.
¡  Selesai kegiatan, siswa melakukan refleksi.

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡  Melakukan penilaian hasil belajar
¡  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡    Buku Pedoman Guru Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Buku Siswa Tema : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡    Koran/majalah bekas untuk kegiatan pilihan
¡    Gambar/video tentang kegiatan kebersihan
¡    Pemutar lagu (radio, tip, komputer, telepon genggam dengan pengeras suara).

H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (buku siswa)

3. Penilaian keterampilan:
1. Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi
No.
Kriteria
Terlihat (ü)
Belum terlihat (ü)
1.
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat
. . .
. . .
2.
Partisipasi dalam bertanya
. . .
. . .
3.
Partisipasi dalam menjawab pertanyaan
. . .
. . .

2. Observasi
Lembar Pengamatan Gerakan Senam
No.
Kriteria
Terlihat (ü)
Belum terlihat (ü)
1.
Ketepatan dalam melakukan gerakan senam
. . .
. . .
2.
Antusiasme dalam mengikuti senam
. . .
. . .
3.
Ketertiban dalam mengikuti kegiatan
. . .
. . .



Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU .MPd
NIP. 10920000 11111 1 000

Mesuji ,                       2019
Guru Kelas 1




AGUS NURITA,SPd
NIP. 10920000 11111 1 002


DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI

0 Response to "RPP Kelas 1 Tema 6 Revisi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel