RPP MEMELIHARA MESIN KENDARAAN RINGAN KD 3.4 DAN 4.4 SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KONVENSIONAL (KARBURATOR) KURIKULUM 2013 REVISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan
: SMK Negeri 1 Sahabat Guru
Kelas
: X
Semester
: Ganjil
Mata Pelajaran
: Memelihara Mesin Kendaraan Ringan
Topik
:
Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
Waktu
:
32
JP (@ 45 Menit)

A. Kompetensi Inti
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan   lingkup kerja Gambar Teknik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI 4 :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Gambar Teknik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.


B. Kompetensi Dasar
3.4
Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator
4.4
Merawat berkala sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator




C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4.1
 Mampu Memahami Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3.4.2
 Mampu mengidentifikasi Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
4.4.1
 Mampu menerapkan aturan Menerapkan cara perawatan sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator
4.4.2
 Mampu  Merawat berkala sistem bahan bakar bensin konvensional/karburator




D. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, peserta didik diharapkan mampu :
1.
Memahami dan mengidentifikasi jenis-jenis Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
2.
Terlibat aktif dan mandiri mengajukan pertanyaan tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3.
Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
4.
Mengkategorikan data menentukan hubungan, jenis dan fungsi Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
5.
Menyimpulkan dengan urutan dari yang sederhana sampai pada yang lebih kompleks terkai dengan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
6.
Menggunakan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)




E. Materi Pembelajaran
1.
Pengenalan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
2.
Jenis-jenis Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3.
Teknik penggunaan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)



F. Model / Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific dan PBL (Problem Based Learning)
Model Pembelajaran
: Cooperative Learning
Metode
: Penugasan, diskusi, tanya jawab, demonstrasi



G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru menjelaskan topik, tujuan dan manfaat kompetensi yang akan dicapai setelah siswa mengikuti kegiatan pembelajaran
Inti
1
Guru bertanya tentang mengapa kita belajar Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
325 Menit
2
Guru menjelaskan bahawa dalam Teknik Kendaraan Ringan wajib bagi kita untuk memahami tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3
Dengan tanya jawab, disimpulkan bahwa dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan di bengkel kita harus memahami semua sistem dan komponen kendaraan, salah satunya yaitu Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
4
Dengan tanya jawab siswa diyakinkan bahwa dalam kerja bengkel wajib untuk memahami tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
5
Selanjutnya dengan alat bantu slide presentasi, guru membuka cakrawala luas siswa tentang definisi, jenis dang fungsi dari Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
6
Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
7
Tiap kelompok mendapat tugas untuk mendefinisikan fungsi-fungsi dan cara kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
8
Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya
9
Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan.
10
Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
11
Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai fungsi, jenis dan cara kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator) berdasarkan hasil review terhadap presentasi salah satu kelompok.
12
Guru memberikan soal yang terkait dengan fungsi dan prosedur pemeriksaan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
13
Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat
14
Guru memberikan  soal untuk dikerjakan tiap siswa, dan dikumpulkan
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan kelas dengan bersalaman


Pertemuan ke-2
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru meminta siswa mengumpulkan tugas rumah
5
Guru bertanya apakah ada kesulitan dalam mengerjakan tugas
6
Jika ada guru meminta siswa yang lain untuk memberikan solusinya
7
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
8
Guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran dengan sub topic berikutnya
Inti
1
Guru bertanya tentang jenis-jenis Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
325 menit
2
Bila siswa belum mampu menjawab, guru membuka cakrawala siswa tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator) dengan media slide presentasi.
3
Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang  terdiri dari 4 siswa tiap kelompok
4
Guru meminta tiap kelompok untuk berdiskusi tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
5
Guru memita salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapinya dengan bertanya ataupun memberi sanggahan terhadap apa yang disampaikan kelompok yang presentasi
6
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
7
Guru meminta siswa/kelompok untuk memberikan kesimpulan mengenai hasil diskusi
8
Guru mengajak siswa untuk berganti pakaian praktik dan menuju RPS
9
Guru memberikan penjelasan dan demonstrasi praktik kepada siswa
10
Guru membagikan jobsheet kepada tiap kelompok
11
Guru meminta siswa untuk bekerja sama per kelompok melakukan praktik berdasarkan jobsheet
12
Selama prakti, guru memperhatikan dan membimbing siswa apabila siswa/kelompok mengalami masalah atau kesulitan
13
Siswa mengumpulkan jobsheet hasil praktik
14
Guru memberikan penilaian terhadap kerja kelompok siswa masing-masing
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan RPS dengan bersalaman


Pertemuan ke-3
Kegiatan
Dekskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu

1
Berdo’a sebelum memulai kegiatan pembelajaran
15 Menit
2
Guru melakukan persiapan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif sambil memeriksa kehadiran siswa.
3
Guru bertanya apakah ada siswa yang tidak sholat subuh dan memberi pencerahan betapa pentingnya menjaga keistiqomahan dalam beribadah.
4
Guru meminta siswa mengumpulkan tugas rumah
5
Guru bertanya apakah ada kesulitan dalam mengerjakan tugas
6
Jika ada guru meminta siswa yang lain untuk memberikan solusinya
7
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
8
Guru mengajak siswa untuk melanjutkan pembelajaran dengan sub topic berikutnya
Inti
1
Guru bertanya tentang jenis-jenis Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
325 menit
2
Bila siswa belum mampu menjawab, guru membuka cakrawala siswa tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator) dengan media slide presentasi.
3
Guru meminta siswa untuk membuat kelompok yang  terdiri dari 4 siswa tiap kelompok
4
Guru meminta tiap kelompok untuk berdiskusi tentang Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
5
Guru memita salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dan kelompok lain menanggapinya dengan bertanya ataupun memberi sanggahan terhadap apa yang disampaikan kelompok yang presentasi
6
Guru memberikan tambahan untuk penyempurnaan solusi atau jawaban
7
Guru meminta siswa/kelompok untuk memberikan kesimpulan mengenai hasil diskusi
8
Guru mengajak siswa untuk berganti pakaian praktik dan menuju RPS
9
Guru memberikan penjelasan dan demonstrasi praktik kepada siswa
10
Guru membagikan jobsheet kepada tiap kelompok
11
Guru meminta siswa untuk bekerja sama per kelompok melakukan praktik berdasarkan jobsheet
12
Selama prakti, guru memperhatikan dan membimbing siswa apabila siswa/kelompok mengalami masalah atau kesulitan
13
Siswa mengumpulkan jobsheet hasil praktik
14
Guru memberikan penilaian terhadap kerja kelompok siswa masing-masing
15
Guru memberikan tugas rumah
Penutup
1
Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana fungsi dan cara kerja Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
20 Menit
2
Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
3
Guru meminta salah satu siswa untuk membaca literasi yang telah disediakan oleh guru
4
Guru mengajak siswa untuk menyanyikan lagu nasional
5
Guru memberikan cakrawala mengenai keanekaragaman budaya Indonesia
6
Guru dan siswa berdo’a
7
Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar dan mengerjakan tugas
8
Guru dan siswa meninggalkan RPS dengan bersalaman


H. Alat, Media dan Sumber Belajar
1. Alat dan Bahan
Adapun alat bahan dalam pembelajaran  ini yaitu :

2. Media
Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran  ini yaitu flipchart dan presentasi power point
3. Sumber Pembelajaran
Adapun sumber belajar pada pembelajaran  ini yaitu :


I. Penilaian Hasil Belajar
1. Teknik Penilaian
2. Prosedur Penilaian


Pengamatan,  Tes Tertulis/Lisan  dan Praktik menggunakan


No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengamatan
a.  Menyebutkan  macam-macam Sistem Bahan Bakar Ben b.  Menjelaskan  kembali fungsi-fungsi  dan prosedur penggunaan  Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional
Pengamatan  dan Tes
Penyelesaian  tugas individu dan kelompok
2.
Ketereampilan
Praktik
Penyelesaian  praktik
Terampil menggunakan  Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional  (Karburator)
Sesuai prosedur


K. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
1. Pengetahuan a. Soal
1.  Alat tangan (hand tools) adalah.....
2. Sebutkan contoh hanstool beserta cara penggunaannya?  (min 5)
3. Sebutkan kelebihan kunci inggris dibandingkan  kunci pas?
4. Jelaskan mengapa dalam menggunakan hanstools harus sesuai dengan SOP!

b. Kunci Jawaban



No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengamatan
Pengamatan dan Tes
Penyelesaian tugas individu dan kelompok


a.    Menyebutkan macam-macam Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)
b.    Menjelaskan kembali fungsi-fungsi dan prosedur penggunaan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator)


2.
Ketereampilan
Praktik
Penyelesaian praktik


Terampil menggunakan Sistem Bahan Bakar Bensin Konvensional (Karburator) Sesuai prosedur





K. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
1. Pengetahuan
a.
Soal
1.   Alat tangan (hand tools) adalah.....
2. Sebutkan contoh hanstool beserta cara penggunaannya? (min 5)
3. Sebutkan kelebihan kunci inggris dibandingkan kunci pas?
4. Jelaskan mengapa dalam menggunakan hanstools harus sesuai dengan SOP!
b.
Kunci Jawaban


UNTUK MENDAPATKAN VERSI PDF SILAHKAN DOWNLOAD DISINI



Silahkan download gratis.
JANGAN LUPA SHARE Keteman Sahabat Guru Sama- sama berbagi

DOWNLOAD RPP MEMELIHARA MESIN KENDARAAN RINGAN KD YANG LAIN

DOWNLAD PERANGKAT PEMEBELAJARAN

DOWNLOAD RPP SMK KURIKULUM 2013

DOWNLOAD RPP SMA KURIKULUM 2013

0 Response to "RPP MEMELIHARA MESIN KENDARAAN RINGAN KD 3.4 DAN 4.4 SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN KONVENSIONAL (KARBURATOR) KURIKULUM 2013 REVISI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel