RPP SD KELAS 1 TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU

PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)


Nama Sekolah       :    SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester    :    I (Satu) / 2
TEMA 7 : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
















SAHABAT GURU,SPd
NIP. 111111  11110 2  111



DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 7                             :   Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1                      :   Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran                  :   1
Alokasi Waktu                 :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia


B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal teks deskrip-tif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau te-man dalam bahasa In-donesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk memban-tu pemahaman
4.1       Mengamati dan meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indo-nesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator ;
¡  Mengidentifikasi benda berdasarkan teks deskriptif yang dibaca.
¡  Menceritakan kembali isi teks deskriptif yang dibaca tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Memberikan tanggapan tentang pengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup. 

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2       Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator ;
¡  Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda.
¡  Berdiskusi mengenai tata tertib pengelompokkan benda.
¡  Menuliskan tata tertib pengelompokkan benda.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3       Mengemukakan kem-bali dengan kalimat sendiri dan memecah-kan masalah yang ber-kaitan dengan penjum-lahan dan pengurang-an terkait dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa kebenarannya
Indikator ;
¡  Mengurutkan bilangan 61-80.
¡  Membilang banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡  Menuliskan nama bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok.
¡  Menuliskan lambang bilangan banyaknya anggota benda dalam satu kelompok. 

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
¡  Setelah membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup dengan benar.
¡  Setelah mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡  Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡  Setelah mendengar penjelasan dari guru, siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok dengan benar.
¡  Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Klasifikasi Benda Hidup dan Benda Tak Hidup
¡  Aturan Pengelompokan Benda
¡  Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61-80

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangBenda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai benda di sekitar kita. Benda terbagi menjadi dua, yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain benda hidup, di sekitar kita juga banyak benda tak hidup, seperti batu, air, udara, tas, sepatu, dan lain-lain. Beri penjelasan mengenai udara. Meskipun tak terlihat, udara adalah bagian dari benda yang sangat dibutuhkan oleh benda hidup, begitupun dengan air. Tambahkan penjelasan pentingnya bersyukur atas rahmat Tuhan ini, dan sebagai benda hendaknya bersyukur dengan cara memelihara alam, menjaga udara dengan mengurangi polusi, dan menjaga air dengan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. (Mengamati)
¡   Siswa mengamati gambar yang ada di buku lalu siswa diminta untuk keluar kelas beberapa menit dan mengamati benda apa saja yang ada di luar dan di dalam kelas. Siswa berada di beberapa tempat yang berbeda agar pengamatan bisa lebih luas.
¡   Siswa mengamati dengan saksama sehingga data yang dihasilkan dapat mewakili benda hidup dan benda tak hidup.
¡   Siswa menyebutkan apa saja benda yang mereka lihat sebanyak mungkin. (Mengekplorasi)
¡   Siswa mengelompokkan benda yang dilihatnya ke dalam kelompok benda hidup dan benda tak hidup. Guru membantu menuliskan jawaban siswa pada papan tulis dengan menggunakan tabel.
¡   Siswa mendengarkan penjelasan tambahan dari guru ketika siswa masih keliru dalam mengelompokkan benda.
¡   Siswa mengamati gambar yang ada pada buku, lalu mereka menentukan mana yang termasuk benda hidup dan benda tak hidup. Siswa menggunting dan menempelkan gambar benda hidup dan benda tak hidup pada kolom yang tersedia di buku siswa.
¡   Siswa mendapatkan kartu berisi gambar benda hidup dan benda tak hidup. Guru menyiapkan dua buah kotak yang sudah diberi label “Benda Hidup” dan “Benda Tak Hidup”.
¡   Secara bergiliran siswa maju, lalu menunjukkan kartu tersebut kepada temannya. Setelah itu, siswa akan menentukan termasuk kelompok mana kartu yang dimilikinya. Jika gambar yang dimilikinya bukan termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Tak Hidup”. Jika termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Hidup” (Mengasosiasi)
¡   Siswa lainnya diminta mengamati agar bisa saling memberi masukan jika ada temannya yang keliru dalam mengelompokkannya.
¡   Simpan hasil pengelompokan ini untuk digunakan pada pertemuan berikutnya saat mengenalkan ciri-ciri benda hidup.
¡   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan dan manfaatnya. Pengelompokan benda dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Pengelompokan bisa berdasarkan sifat atau cirinya. Pengelompokan akan memudahkan identifikasi.
¡   Siswa mengerjakan latihan untuk menentukan pengelompokan benda yang ada pada buku siswa. (Mengkomunikasikan)

Langkah-langkah kegiatan bagian dua :
¡   Siswa mendengarkan kembali penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan. Setelah sis-wa dapat menentukan pengelompokan benda, ajak siswa menebak gambar benda dan menen-tukan gambar tersebut termasuk benda hidup atau tak hidup dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan. (Mengamati)
¡   Sebelum mengurutkan angka, siswa mende-ngarkan penjelasan guru mengenai nama dan lambang bilangan 61 sampai dengan 80.
¡   Ajak siswa menyebutkan angka 61-80 secara bersama-sama. (Mengekplorasi)
¡   Guru membantu menuliskan nama bilangan pada papan tulis, misalnya 61 = enam puluh satu, 72 = tujuh puluh dua.
¡   Siswa bermain menentukan pasangan nama dan lambang bilangan 61-80.
¡   Gunakan dua set kartu terlebih dahulu (atau disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru bisa ikut serta dalam permainan tersebut.
¡   Setiap siswa diberi satu kartu nama dan bilangan 61-80.
¡   Guru memberi aba-aba permainan dimulai, dan siswa diminta mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu bertuliskan angka 62, harus mencari temannya yang memiliki kartu bertuliskan enam puluh dua.
¡   Siswa melihat hasil kerja temannya, dan memberi masukan jika ternyata masih keliru. (Mengasosiasi)
¡   Setelah semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka berbaris berurutan mulai dari yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan meminta siswa mengurutkan mulai dari yang terbesar.
¡   Setelah permainan usai, siswa diminta menyelesaikan tugas menebak benda dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan seperti yang ada pada buku siswa. Minta siswa menentukan gambar tersebut termasuk kelompok benda hidup atau bukan.
¡   Kegiatan diakhiri dengan meminta siswa mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu menentukan banyaknya anggota kelompok benda dengan cara menuliskan nama dan lambang bilangan. (Mengkomunikasikan)

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


G.     SUMBER & MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Kartu-kartu bergambar benda hidup dan benda tak hidup yang ada di sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan, tumbuhan, dan gambar benda di sekitar)
¡  Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah, diberi label benda hidup dan benda tak hidup
¡  Kartu nama dan lambang bilangan 61-80 sebanyak 4 set

H.     PENILAIAN PROSES & HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja) mengelompokkan benda, mengurutkan bilangan 61-80, menulis nama dan lambang bilangan.

3. Penilaian keterampilan:
Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kemampuan menentukan benda hidup atau benda tak hidup
No
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Siswa dapat menentukan aturan pengelompokan
.....
.....
2
Siswa dapat mengelompokkan benda sesuai dengan aturan hasil diskusi
.....
.....


Unjuk Kerja Membaca dan Menceritakan kembali
No.
Kriteria
Baik Sekali 4
Baik 3
Cukup 2
Perlu Bimbingan 1
1
Membaca
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Belum bisa membaca
2
Menceritakan kembali
Sangat lancar
Lancar
Kurang lancar
Belum bisa bercerita




Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU .MPd
NIP. 11111111 111111 1 111

Mesuji ,                       2018
Guru Kelas 1




SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 7                             :   Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1                      :   Benda Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1       Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator ;
¡  Menjawab pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dibaca tentang ciri-ciri benda hidup
¡  Membandingkan ciri benda hidup dan benda tak hidup berdasarkan teks yang dibaca
¡  Membaca teks tentang ciri-ciri benda hidup
¡  Membuat pertanyaan tentang ciri-ciri benda hidup sesuai teks yang dibaca.
¡  Menulis teks deskriptif tentang ciri-ciri benda menggunakan huruf tegak bersambung  

SBDP 
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7       Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator ;
¡  Bergerak sesuai irama lagu “Bintang Kecil”
¡  Menghafal syair lagu Bintang Kecil
¡  Menyanyi lagu “Bintang Kecil”
C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Setelah mendengar contoh, siswa dapat membaca teks dengan lancar.
¡  Setelah membaca, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai bacaan.
¡  Setelah mengikuti kegiatan pengelompokan benda, siswa dapat membandingkan benda hidup dan tak hidup di sekitarnya dengan benar.
¡  Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal dua perbedaan yang dimiliki benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Setelah berdiskusi, siswa dapat menyebutkan minimal dua persamaan yang dimiliki benda hidup dan benda tak hidup.
¡  Setelah mengamati contoh, siswa dapat menulis menggunakan huruf tegak bersambung.
¡  Setelah membaca , siswa dapat menghafal syair lagu dengan benar.
¡  Setelah mendengarkan contoh, siswa dapat menyanyikan lagu dengan percaya diri.
D.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Identifikasi Ciri-ciri Benda Hidup
¡  Menyanyi Lagu Bintang Kecil
¡  Menulis Huruf Tegak Bersambung
E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡    Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡    Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡    Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangBenda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
¡    Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
¡   Guru mengingatkan kembali kegiatan pada pertemuan pertama, pada saat siswa sudah mengelompokkan gambar benda hidup dan benda tak hidup.
¡   Siswa mengamati gambar apa saja yang ada pada kotak benda hidup. (Mengamati)
¡   Siswa menyimpulkan bahwa benda hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
¡   Siswa menjawab pertanyaan guru, apa saja persamaan dari ketiga benda tersebut. (Menanya)
¡   Jawaban diarahkan untuk menemukan ciri-ciri benda hidup dan menunjukkan perbedaannya dengan benda tak hidup.
¡   Siswa membaca wacana yang ada di buku siswa. (Mengamati)
¡   Wacana berisi satu tokoh yang sedang bermain boneka dan tokoh lainnya sedang bermain bersama hewan peliharaannya.
¡   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda kesayangannya.
-   Boneka tidak perlu diberi makan, perlu dibersihkan agar tidak berdebu, bisa dimainkan tapi tidak bisa menanggapi. Bisakah boneka diajak bicara? Mengapa?
-   Hewan peliharaan perlu diberi makan, dibersihkan tubuh dan kandangnya, bisa diajak bermain, dan dapat menanggapinya.
¡   Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup perlu makan dan minum serta udara, dapat bergerak sendiri, tumbuh besar, berkembang biak, dan mati. Sementara benda tak hidup tidak perlu makanan, minuman, serta udara, tidak dapat bergerak sendiri, tidak dapat tumbuh besar, dan tidak dapat berkembang biak.
¡   Siswa mengamati dua buah benda, yaitu kursi dan kucing.
¡   Siswa berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan dari kedua benda tersebut. Biarkan siswa menyampaikan pengamatannya dengan cara pandangnya sendiri, menunjukkan ciri-ciri benda hidup. (Mengekplorasi)
¡   Siswa berlatih menulis kesimpulan dari kegiatan membandingkan benda menggunakan huruf tegak bersambung. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua :
¡   Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai pengalaman melihat langit pada malam hari. Apa saja yang mereka lihat. (Menanya)
¡   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang jenis benda yang ada di langit. (Mengamati)
¡   Siswa membaca dan menghafal teks lagu Bintang Kecil.
¡   Siswa memperhatikan contoh guru menyanyikan lagu dengan gerak badan yang sesuai isi lagu.
¡   Siswa berlatih menyanyikan lagu dan bergerak sesuai isi lagu. (Mengasosiasi)
¡   Siswa secara bergiliran menyanyikan lagu Bintang Kecil.

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit
G.     SUMBER & MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Kotak dan gambar benda hidup dan benda tak hidup yang dipakai pada pertemuan pertama
H.     PENILAIAN PROSES & HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Kerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja) mengelompokkan benda,  mengurutkan bilangan 61-80, menulis nama dan lambang bilangan.

3. Penilaian keterampilan:
1. Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Diskusi
No.
Kriteria
Terlihat ()
Belum Terlihat ()
1
Kemampuan bertanya
.....
.....
2
Kemampuan memberikan pendapat
.....
.....

2.   Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Bernyanyi
No.
Kriteria
Baik Sekali 4
Baik 3
Cukup 2
Perlu Bimbingan 1
1
Kemampuan bernyanyi
Memenuhi tiga aspek (hafal syair, nada tepat, dan ekspresif)
Memenuhi dua dari tiga aspek
Memenuhi satu dari tiga aspek
Belum mampu memenuhi semua aspek

2
Kepercayaan diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum berani tampil bernyanyi




Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU .MPd
NIP. 11111111 111111 1 111

Mesuji ,                       2018
Guru Kelas 1




SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111


DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI

0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel