RPP SD KELAS 1 TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU
Monday, July 8, 2019
Add Comment
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah
: SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I
(Satu) / 2
TEMA 7 : Benda, Hewan dan
Tanaman di Sekitarku
SAHABAT
GURU,SPd
NIP. 111111 11110 2 111
DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 7 : Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda
Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan
(6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskrip-tif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau te-man dalam bahasa
In-donesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah
untuk memban-tu pemahaman
4.1 Mengamati dan
meni-rukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan
sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa
Indo-nesia lisan dan tulis yang dapat diisi deng-an kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian
Indikator ;
¡ Mengidentifikasi benda berdasarkan teks
deskriptif yang dibaca.
¡ Menceritakan kembali isi teks deskriptif
yang dibaca tentang benda hidup dan benda tak hidup.
¡ Membaca teks deskriptif tentang benda
hidup dan benda tak hidup.
¡ Memberikan tanggapan tentang
pengelompokkan benda hidup dan benda tak hidup.
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2 Melaksanakan
tata tertib di rumah dan sekolah
Indikator ;
¡ Menjelaskan tata tertib dalam pengelompokkan benda.
¡ Berdiskusi mengenai tata tertib
pengelompokkan benda.
¡ Menuliskan tata tertib pengelompokkan
benda.
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal
bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
rumah, sekolah, atau tempat bermain
4.3 Mengemukakan
kem-bali dengan kalimat sendiri dan memecah-kan masalah yang ber-kaitan dengan
penjum-lahan dan pengurang-an terkait dengan aktivitas sehari-hari serta
memeriksa kebenarannya
Indikator ;
¡ Mengurutkan bilangan 61-80.
¡ Membilang banyaknya anggota benda dalam
satu kelompok.
¡ Menuliskan nama bilangan banyaknya
anggota benda dalam satu kelompok.
¡ Menuliskan lambang bilangan banyaknya
anggota benda dalam satu kelompok.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat
membaca teks deskriptif tentang benda hidup dan benda tak hidup dengan lancar.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat
menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan.
¡ Setelah membaca teks, siswa dapat
mengidentifikasi benda hidup dan benda tak hidup dengan benar.
¡ Setelah mengamati lingkungan sekitar,
siswa dapat mengelompokkan benda hidup dan tak hidup yang ada di sekitarnya
dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡ Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menentukan tata tertib pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah berdiskusi, siswa dapat
menuliskan aturan pengelompokan benda dengan benar.
¡ Setelah mendengar penjelasan dari guru,
siswa dapat mengurutkan bilangan 61 sampai 80 dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menentukan banyak anggota benda dalam satu kelompok dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan nama bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam kelompok
dengan benar.
¡ Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menuliskan lambang bilangan yang menunjukkan banyak anggota benda dalam satu
kelompok dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Klasifikasi Benda Hidup dan Benda Tak
Hidup
¡ Aturan Pengelompokan Benda
¡ Menulis Nama dan Lambang Bilangan 61-80
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡ Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai benda di sekitar kita. Benda
terbagi menjadi dua, yaitu benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup
seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Selain benda hidup, di sekitar kita
juga banyak benda tak hidup, seperti batu, air,
udara, tas, sepatu, dan lain-lain. Beri penjelasan mengenai udara. Meskipun
tak terlihat, udara adalah bagian dari benda yang sangat dibutuhkan oleh
benda hidup, begitupun dengan air. Tambahkan penjelasan pentingnya bersyukur
atas rahmat Tuhan ini, dan sebagai benda hendaknya bersyukur dengan cara
memelihara alam, menjaga udara dengan mengurangi polusi, dan menjaga air
dengan cara menggunakannya sesuai kebutuhan. (Mengamati)
¡
Siswa mengamati gambar yang
ada di buku lalu siswa diminta untuk keluar kelas beberapa menit dan
mengamati benda apa saja yang ada di luar dan di dalam kelas. Siswa berada di beberapa tempat yang
berbeda agar pengamatan bisa lebih luas.
¡
Siswa mengamati dengan saksama sehingga data yang
dihasilkan dapat mewakili benda hidup dan benda tak hidup.
¡
Siswa menyebutkan apa saja benda yang mereka lihat
sebanyak mungkin. (Mengekplorasi)
¡
Siswa mengelompokkan benda yang dilihatnya ke dalam
kelompok benda hidup dan benda tak hidup. Guru membantu menuliskan jawaban
siswa pada papan tulis dengan menggunakan tabel.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan tambahan dari guru
ketika siswa masih keliru dalam mengelompokkan benda.
¡
Siswa mengamati gambar yang ada pada buku, lalu mereka
menentukan mana yang termasuk benda hidup dan benda tak hidup. Siswa
menggunting dan menempelkan gambar benda hidup dan benda tak hidup pada kolom
yang tersedia di buku siswa.
¡
Siswa mendapatkan kartu berisi gambar benda hidup dan
benda tak hidup. Guru menyiapkan dua buah kotak yang sudah diberi label
“Benda Hidup” dan “Benda Tak Hidup”.
¡ Secara bergiliran siswa maju, lalu
menunjukkan kartu tersebut kepada temannya. Setelah itu, siswa akan menentukan termasuk
kelompok mana kartu yang dimilikinya. Jika gambar yang dimilikinya bukan
termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak “Benda Tak
Hidup”. Jika termasuk benda hidup, siswa tersebut harus memasukkan ke kotak
“Benda Hidup” (Mengasosiasi)
¡ Siswa lainnya
diminta mengamati agar bisa saling memberi masukan jika ada temannya yang
keliru dalam mengelompokkannya.
¡
Simpan hasil pengelompokan ini
untuk digunakan pada pertemuan berikutnya saat mengenalkan ciri-ciri benda hidup.
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai aturan
pengelompokan dan manfaatnya. Pengelompokan benda dapat dilakukan sesuai
dengan kebutuhan. Pengelompokan bisa berdasarkan sifat atau cirinya.
Pengelompokan akan memudahkan identifikasi.
¡ Siswa mengerjakan latihan untuk menentukan
pengelompokan benda yang ada pada buku siswa. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah
kegiatan bagian dua :
¡
Siswa mendengarkan kembali
penjelasan guru mengenai aturan pengelompokan. Setelah sis-wa dapat
menentukan pengelompokan benda, ajak siswa menebak gambar benda dan menen-tukan
gambar tersebut termasuk benda hidup atau
tak hidup dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan. (Mengamati)
¡
Sebelum mengurutkan angka, siswa mende-ngarkan
penjelasan guru mengenai nama dan lambang bilangan 61 sampai dengan 80.
¡
Ajak siswa menyebutkan angka 61-80 secara bersama-sama.
(Mengekplorasi)
¡
Guru membantu menuliskan nama bilangan pada papan
tulis, misalnya 61 = enam puluh satu, 72 = tujuh puluh dua.
¡
Siswa bermain menentukan pasangan nama dan lambang
bilangan 61-80.
¡
Gunakan dua set kartu terlebih dahulu (atau
disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada). Jika jumlah siswa ganjil, guru
bisa ikut serta dalam permainan tersebut.
¡ Setiap siswa diberi satu kartu
nama dan bilangan 61-80.
¡
Guru memberi aba-aba permainan
dimulai, dan siswa diminta mencari pasangannya. Misalnya siswa yang mendapat kartu bertuliskan
angka 62, harus mencari temannya yang memiliki kartu bertuliskan enam puluh
dua.
¡
Siswa melihat hasil kerja temannya, dan memberi
masukan jika ternyata masih keliru. (Mengasosiasi)
¡
Setelah semua siswa mendapatkan pasangan, minta mereka
berbaris berurutan mulai dari yang terkecil. Kegiatan bisa ditambah dengan
meminta siswa mengurutkan mulai dari yang terbesar.
¡
Setelah permainan usai, siswa diminta menyelesaikan
tugas menebak benda dengan cara menghubungkan angka 61-80 secara berurutan
seperti yang ada pada buku siswa. Minta siswa menentukan gambar tersebut
termasuk kelompok benda hidup atau bukan.
¡ Kegiatan diakhiri dengan meminta
siswa mengerjakan latihan pada buku siswa, yaitu menentukan banyaknya anggota
kelompok benda dengan cara menuliskan nama dan lambang bilangan. (Mengkomunikasikan)
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER &
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman
di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di
Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kartu-kartu bergambar benda hidup dan
benda tak hidup yang ada di sekitar sebanyak jumlah siswa (manusia, hewan,
tumbuhan, dan gambar benda di sekitar)
¡ Kotak/kardus bekas sebanyak dua buah,
diberi label benda hidup dan benda tak hidup
¡ Kartu nama dan lambang bilangan 61-80
sebanyak 4 set
H. PENILAIAN PROSES & HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis
(lembar kerja) mengelompokkan benda, mengurutkan bilangan 61-80, menulis nama
dan lambang bilangan.
3. Penilaian keterampilan:
Observasi (Pengamatan)
Lembar pengamatan kemampuan menentukan benda hidup atau
benda tak hidup
No
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Siswa dapat menentukan aturan
pengelompokan
|
.....
|
.....
|
2
|
Siswa dapat
mengelompokkan benda sesuai dengan aturan hasil diskusi
|
.....
|
.....
|
Unjuk Kerja Membaca dan Menceritakan kembali
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbingan 1
|
1
|
Membaca
|
Sangat lancar
|
Lancar
|
Kurang lancar
|
Belum bisa
membaca
|
2
|
Menceritakan
kembali
|
Sangat lancar
|
Lancar
|
Kurang lancar
|
Belum bisa
bercerita
|
Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU
SENIOR GURU .MPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
Mesuji ,
2018
Guru Kelas 1
SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 7 : Benda Hewan dan Tanaman di Sekitarku
Sub Tema 1 : Benda
Hidup dan Benda Tak Hidup di Sekitarku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 x
Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI INTI
(KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang
dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa
yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman
4.1 Mengamati dan
menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat
benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
Indikator ;
¡ Menjawab pertanyaan berdasarkan teks
deskriptif yang dibaca tentang ciri-ciri benda hidup
¡ Membandingkan ciri benda hidup dan benda
tak hidup berdasarkan teks yang dibaca
¡ Membaca teks tentang ciri-ciri benda
hidup
¡ Membuat pertanyaan tentang ciri-ciri
benda hidup sesuai teks yang dibaca.
¡ Menulis teks deskriptif tentang ciri-ciri
benda menggunakan huruf tegak bersambung
SBDP
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Mengenal pola
irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
4.7 Menyanyikan
lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator ;
¡ Bergerak sesuai irama lagu “Bintang
Kecil”
¡ Menghafal syair lagu Bintang Kecil
¡ Menyanyi lagu “Bintang Kecil”
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
¡ Setelah mendengar contoh, siswa dapat
membaca teks dengan lancar.
¡ Setelah membaca, siswa dapat menjawab
pertanyaan sesuai bacaan.
¡ Setelah mengikuti kegiatan pengelompokan
benda, siswa dapat membandingkan benda hidup dan tak hidup di sekitarnya dengan
benar.
¡ Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menyebutkan minimal dua perbedaan yang dimiliki benda hidup dan benda tak
hidup.
¡ Setelah berdiskusi, siswa dapat menyebutkan
minimal dua persamaan yang dimiliki benda hidup dan benda tak hidup.
¡ Setelah mengamati contoh, siswa dapat
menulis menggunakan huruf tegak bersambung.
¡ Setelah membaca , siswa dapat menghafal
syair lagu dengan benar.
¡ Setelah mendengarkan contoh, siswa dapat
menyanyikan lagu dengan percaya diri.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Identifikasi Ciri-ciri Benda Hidup
¡ Menyanyi Lagu Bintang Kecil
¡ Menulis Huruf Tegak Bersambung
E. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan
dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang
”Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
¡ Guru menyampaikan
tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Guru mengingatkan kembali kegiatan pada
pertemuan pertama, pada saat siswa sudah mengelompokkan gambar benda hidup
dan benda tak hidup.
¡
Siswa mengamati gambar apa saja yang ada pada kotak
benda hidup. (Mengamati)
¡
Siswa menyimpulkan bahwa benda hidup terdiri atas
manusia, hewan, dan tumbuhan.
¡
Siswa menjawab pertanyaan guru, apa saja persamaan
dari ketiga benda tersebut. (Menanya)
¡
Jawaban diarahkan untuk menemukan ciri-ciri benda
hidup dan menunjukkan perbedaannya dengan benda tak hidup.
¡
Siswa membaca wacana yang ada di buku siswa. (Mengamati)
¡
Wacana berisi satu tokoh yang sedang bermain boneka
dan tokoh lainnya sedang bermain bersama hewan peliharaannya.
¡ Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan perlakuan yang
diberikan tokoh pada benda kesayangannya.
-
Boneka tidak perlu diberi makan, perlu dibersihkan agar tidak berdebu,
bisa dimainkan tapi tidak bisa menanggapi. Bisakah boneka diajak bicara?
Mengapa?
-
Hewan peliharaan perlu diberi makan, dibersihkan tubuh dan kandangnya,
bisa diajak bermain, dan dapat menanggapinya.
¡ Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan
benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup perlu makan dan minum serta udara, dapat bergerak sendiri, tumbuh besar, berkembang biak, dan mati.
Sementara benda tak hidup tidak perlu makanan, minuman, serta udara, tidak
dapat bergerak sendiri, tidak dapat tumbuh besar, dan tidak dapat berkembang
biak.
¡
Siswa mengamati dua buah benda, yaitu kursi dan kucing.
¡
Siswa berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan dari
kedua benda tersebut. Biarkan siswa menyampaikan pengamatannya dengan cara
pandangnya sendiri, menunjukkan ciri-ciri benda hidup. (Mengekplorasi)
¡ Siswa berlatih menulis kesimpulan
dari kegiatan membandingkan benda
menggunakan huruf tegak bersambung. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah
kegiatan bagian dua :
¡
Siswa
menjawab pertanyaan guru mengenai pengalaman melihat langit pada malam hari. Apa saja yang
mereka lihat. (Menanya)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang jenis benda
yang ada di langit. (Mengamati)
¡
Siswa membaca dan menghafal teks lagu Bintang Kecil.
¡
Siswa memperhatikan contoh guru menyanyikan lagu
dengan gerak badan yang sesuai isi lagu.
¡
Siswa berlatih menyanyikan lagu dan bergerak sesuai
isi lagu. (Mengasosiasi)
¡ Siswa secara bergiliran menyanyikan lagu Bintang Kecil.
|
30 Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
selama sehari
¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah
dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi
kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri
kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
G. SUMBER &
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Benda, Hewan dan Tanaman
di Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Benda, Hewan dan Tanaman di
Sekitarku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Kotak dan gambar benda hidup dan benda
tak hidup yang dipakai pada pertemuan pertama
H. PENILAIAN PROSES & HASIL BELAJAR
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Ekal
|
||||||||||||
2
|
Aisy
|
||||||||||||
3
|
Zidan
|
||||||||||||
4
|
………
|
Keterangan:
BT : Belum
Terlihat
MT : Mulai Terlihat
MB : Mulai Berkembang
SM : Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2. Penilaian pengetahuan:
Instrumen penilaian: tes tertulis
(lembar kerja) mengelompokkan benda, mengurutkan
bilangan 61-80, menulis nama dan lambang bilangan.
3. Penilaian keterampilan:
1. Observasi (pengamatan)
Lembar Pengamatan Kegiatan Diskusi
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum Terlihat (√)
|
1
|
Kemampuan
bertanya
|
.....
|
.....
|
2
|
Kemampuan
memberikan pendapat
|
.....
|
.....
|
2. Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Bernyanyi
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali 4
|
Baik 3
|
Cukup 2
|
Perlu Bimbingan 1
|
1
|
Kemampuan
bernyanyi
|
Memenuhi tiga
aspek (hafal syair, nada tepat, dan ekspresif)
|
Memenuhi dua dari tiga aspek
|
Memenuhi satu dari tiga aspek
|
Belum mampu memenuhi semua aspek
|
2
|
Kepercayaan
diri
|
Tidak terlihat
ragu-ragu
|
Terlihat
ragu-ragu
|
Memerlukan
bantuan guru
|
Belum berani
tampil bernyanyi
|
Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU
SENIOR GURU .MPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
Mesuji ,
2018
Guru Kelas 1
SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
DOWNLOAD FILE WORDNYA DISINI
0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 7 BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU"
Post a Comment