RPP SD KELAS 1 TEMA 8 PERISTIWA ALAM
Monday, July 8, 2019
Add Comment
PERANGKAT PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
TEMA 8 : Peristiwa Alam
SAHABAT
GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
Matematika
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan gambar gambar/benda konkret
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang
SBDP
3.1 Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi peristiwa siang
dan malam (cuaca cerah dan hujan) secara lisan
¡ Mengelompokkan kosakata tentang
peristiwa siang dan malam (cuaca hujan dan cuaca cerah)
Matematika
¡ Mengenal pola bilangan
¡ Melengkapi pola bilangan
¡ Membuat pola bilangan
SBDP
¡ Membedakan warna cerah dan tidak
cerah
¡ Mewarnai gambar menggunakan warna
cerah dan tidak cerah
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengenal Cuaca Hujan, Berawan,
Mendung, Dan Cerah
¡ Membaca Cerita Mengenai Cuaca Cerah
pada Siang dan Malam Hari
¡ Mengenal Pola Bilangan 50-75
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10
menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Siswa bersama guru bernyanyi lagu Tik-Tik Bunyi Hujan ciptaan Ibu Sud.
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang cuaca. Cuaca adalah keadaan udara di
suatu tempat pada waktu tertentu. Indonesia adalah negara yang memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan kemarau.
Indonesia memiliki empat cuaca, yaitu cuaca cerah, cuaca berawan, cuaca
mendung dan cuaca hujan. Cuaca cerah adalah cuaca saat langit
terang dan matahari bersinar tidak terlalu panas. Cuaca berawan adalah saat
di langit banyak awan dan angin bertiup. Cuaca mendung adalah saat langit berawan
hitam dan angin bertiup lebih kencang. Cuaca
hujan adalah saat hujan turun dan matahari hampir tidak bersinar. (Mengamati)
¡
Siswa
mengamati puisi cuaca cerah dan cuaca hujan yang tertera di buku siswa.
¡
Siswa
menyimak guru membaca puisi dengan intonasi yang benar.
¡
Siswa
secara bersamaan membaca puisi.
(Mengasosiasi)
¡
Siswa
dibagi menjadi 4 kelompok.
(Mengekplorasi)
¡
Setiap
kelompok membaca puisi secara bergantian.
¡
Siswa
secara berkelompok berdiskusi mengenai perbedaan kedua puisi tersebut serta
menjawab pertanyaan di buku siswa.
¡
Setiap
kelompok diminta maju ke depan kelas untuk menceritakan hasil diskusinya
mengenai ciri-ciri cuaca cerah dan cuaca hujan. (Mengkomunikasikan)
¡
Siswa
diajak bermain menebak kata mengenai cuaca cerah dan hujan.
¡
Guru
menyiapkan empat lingkaran yang dibuat di halaman sekolah. Keempat lingkaran
tersebut dibuat berseberangan. Dua lingkaran masing-masing bertuliskan hujan
dan cerah. Sementara dua lingkaran di seberangnya masing masing berisi 10
kartu dengan warna berbeda (merah dan biru). Setiap kartu bertuliskan 1 kata
yang berhubungan dengan cuaca cerah dan cuaca hujan (misalkan basah, hangat, langit
terang, angin sepoi, angin kencang, dingin, jas hujan, payung, hujan, langit
gelap, langit biru, dan lain lain). (Mengekplorasi)
¡
Setiap
kelompok diminta menentukan urutan pemain pertama, kedua, dan seterusnya.
¡
Pemain
pertama dari kelompok pertama dan kelompok kedua akan mengambil satu kartu
kata dan berlari ke lingkaran di seberangnya serta meletakkan kartu kata tersebut
sesuai dengan cuaca yang cocok (misalkan meletakkan kartu kata basah di
lingkaran hujan).
¡
Kegiatan
yang sama dilakukan pemain kedua, ketiga, dan seterusnya pada kelompok satu
dan dua.
¡
Jika
kelompok pertama dan kedua telah selesai, permainan dilanjutkan untuk
kelompok ketiga dan keempat.
¡
Selama
menunggu giliran bermain, siswa lainnya dengan tertib menunggu sambil memberikan
semangat kepada temannya yang sedang bermain. (Mengasosiasi)
¡
Guru
melakukan perhitungan skor. Perhitungan skor ditentukan dengan banyaknya
kartu kata yang tepat diletakkan
sesuai lingkaran. Pemain yang tepat meletakkan kartu kata akan mendapatkan
skor 5.
¡
Kelompok dengan skor tertinggi
adalah pemenangnya. Guru mengumumkan pemenang
permainan.
¡
Siswa bersama guru menutup kegiatan
dengan menyampaikan rasa syukur bahwa Tuhan telah menciptakan bumi lengkap
dengan cuaca cerah dan hujan sehingga makhluk hidup dapat nyaman tinggal di
bumi dan manusia dapat melakukan banyak aktivitas. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan diawali
dengan menjawab pertanyaan guru. (Menanya)
- Bagaimana perasaanmu saat cuaca cerah?
- Apa yang kamu lakukan saat malam cerah?
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa saat siang hari cuaca cerah langit
berwarna biru, angin bertiup pelan, dan sinar matahari terasa hangat. Kita
dapat mengamati burung-burung terbang. Sementara pada malam hari yang cerah,
kita dapat memandang ke langit yang bertaburan bintang. Bintang-bintang
terlihat sangat indah dan udara malam pun sejuk. (Mengamati)
¡
Siswa
diminta membaca dua paragraf cerita pendek tentang cuaca cerah pada siang
hari dan cuaca cerah pada malam hari yang ada pada buku siswa.
¡
Siswa
menuliskan perbedaan dari kedua paragraf tersebut di buku siswa. (Mengekplorasi)
¡
Jawaban
diarahkan untuk menemukan perbedaan warna pada kedua cerita pendek tersebut.
¡
Siswa
diminta mengamati dua gambar di buku siswa.
¡
Siswa
mewarnai kedua gambar dengan warna yang sesuai. Warna-warna cerah digunakan
untuk gambar suasana siang dan
warna-warna tidak cerah digunakan untuk gambar suasana malam. (Mengasosiasi)
¡
Setelah
mewarnai, siswa diminta mengamati pola bilangan dalam bentuk gambar. Siswa
menghitung dan melengkapi pola bilangan. (Mengamati)
¡
Siswa mendengarkan penjelasan guru
bahwa pola bilangan dapat
dilengkapi dengan cara melakukan penjumlahan bilangan dua. Contoh:
2 + 2 = 4
4 + 2 = 6
6 + 2 = 8
atau
1 + 2 = 3
3 + 2 = 5
5 + 2 = 7
¡
Siswa melengkapi pola bilangan
dengan kisaran bilangan 50 sampai 75. Guru dapat memberikan
arahan. Jika siswa belum selesai, latihan dapat dilanjutkan di
rumah. (Mengasosiasi)
¡
Siswa
membuat pola bilangan dengan menyusun gambar benda-benda langit.
¡
Siswa
dan guru menutup kegiatan dengan rasa syukur atas karunia Tuhan. Cuaca cerah
dan cuaca hujan adalah karunia
Tuhan. (Mengkomunikasikan)
|
30
Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15
menit
|
F. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Cerita pendek
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Unjuk kerja mengelompokkan kata
Rubrik Penilaian Kegiatan Mengelompokkan Kata
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mengelompokkan kata
|
Mengelompokkan 10 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 8-9 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 6-7 kata dengan tepat
|
Mengelompokkan 5 kata atau kurang
dengan tepat
|
2
|
Kerja sama kelompok
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau lebih anggota kelompok
terlihat aktif dan saling mendukung
|
Setengah atau kurang anggota
kelompok terlihat aktif dan saling mendukung
|
Seluruh anggota kelompok terlihat
pasif
|
3. Unjuk kerja mewarnai
Rubrik Penilaian Kegiatan Mewarnai
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
1
|
Kemampuan mewarnai
|
Memenuhi empat aspek (teknik
penarikan garis warna searah, warna menutupi seluruh objek gambar,
menunjukkan kemampuan gradasi warna, dan hasil kerja rapi)
|
Hanya memenuhi tiga dari empat aspek
|
Hanya memenuhi dua dari empat aspek
|
Hanya memenuhi satu aspek
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan
kegiatan mewarnai
|
Lebih cepat dari waktu yang
disediakan
|
Tepat waktu
|
Terlambat maksimal lima menit
|
Terlambat lebih dari lima menit
|
Mengetahui
Kepala SAHABAT GURU
SENIOR GURU.MPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
MESUJI , 2019
Guru Kelas 1
SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.5 Mengenal teks diagram/label tentang anggota keluarga dan
kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.5 Membuat teks diagram label tentang anggota keluarga dan kerabat
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu sila
Pancasila
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi komponen tabel
secara lisan
¡ Mencocokkan simbol
¡ Membuat tabel
PPKn
¡ Menyebutkan simbol dan bunyi sila
ketiga
¡ Mengidentifikasi gotongroyong
sebagai perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila
¡ Melaksanakan gotongroyong
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Mengamati Tabel Cuaca
¡ Membersihkan Sekolah Secara
Bergotong Royong
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10
menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan
diawali dengan siswa mendengarkan guru bercerita tentang kondisi cuaca
kemarin dan hari ini. Guru juga menyampaikan dugaannya terhadap kondisi cuaca
malam hari. Siswa diminta bertanya mengenai mengapa cuaca berubah-ubah. Pertanyakan ditujukan kepada guru atau siswa lainnya. (Mengamati)
¡
Siswa
dibagi menjadi lima kelompok. Setiap
kelompok akan mendapatkan satu tabel yang berisi perbedaan cuaca dalam lima
hari.
¡
Siswa
mendiskusikan jawaban dan mencatat jawaban di buku
siswa. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mengamati gambar simbol cuaca di buku siswa. (Mengamati)
¡
Siswa
diminta untuk mendiskusikan arti simbol yang diberikan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru bahwa setiap cuaca memiliki simbol
masing-masing. (Mengamati)
¡
Siswa
diminta keluar kelas untuk memperhatikan cuaca di sekitar sekolah.
¡
Siswa
mendiskusikan hasil pengamatan tentang cuaca di sekitar sekolah. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
mendengarkan penjelasan guru mengenai proyek pengamatan cuaca dalam lima
hari. (Mengamati)
¡
Siswa
diminta untuk mengerjakan proyek pengamatan cuaca dalam lima hari. (Mengasosiasi)
¡
Siswa
mengisi tabel cuaca harian dengan simbol cuaca. (Mengasosiasi)
¡
Sebagai
penutup
kegiatan, guru dan siswa mengucapkan rasa syukur bahwa dengan beragam cuaca
yang kita alami dapat membantu banyak kegiatan manusia. (Mengkomunikasikan)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Kegiatan
diawali dengan mendengarkan cerita pendek yang
dibacakan guru. (Mengamati)
¡
Siswa
mendengarkan dan menyimak cerita tersebut.
¡
Setelah
siswa mendengarkan cerita, guru menjelaskan bahwa gotong-royong adalah
perilaku yang baik. Gotong-royong berarti melakukan kegiatan bersama-sama,
berbagi tugas untuk kepentingan bersama. Dengan bergotong-royong, pekerjaan
akan lebih mudah dilakukan dan dapat memperkuat kekeluargaan.
Gotong-royong termasuk perilaku yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. Sila ketiga Pancasila adalah Persatuan Indonesia. Lambangnya
adalah pohon beringin.
¡
Siswa mengamati gambar lambang sila ketiga Pancasila.
¡
Siswa
dibagi menjadi lima kelompok.
(Mengekplorasi)
¡
Setiap
kelompok berdiskusi untuk membuat rencana kegiatan gotong-royong membersihkan
lingkungan sekolah.
¡
Setelah
menyusun rencana, setiap kelompok melakukan gotong-royong.
¡
Setelah
gotong-royong, siswa kembali ke kelas untuk menuliskan refleksi
diri mengenai anfaat gotong-royong. Siswa mendapat arahan guru untuk menuliskan refleksi diri. (Mengkomunikasikan)
|
30
Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15
menit
|
F. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Tabel cuaca dalam lima hari
¡ Kartu simbol cuaca
¡ Cerita pendek
¡ Sapu ijuk, sapu lidi, pengki, lap
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis di buku latihan siswa
2. Unjuk kerja kegiatan pengamatan cuaca
Rubrik Penilaian Proyek Pengamatan
Cuaca
No
|
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu
Bim-bingan (1)
|
1
|
Ketepatan mengisi tabel pengamatan
|
Seluruh tabel pengamatan diisi
dengan tepat
|
Setengah atau lebih tabel pengamatan
diisi dengan tepat
|
Kurang dari setengah tabel
pengamatan diisi dengan tepat
|
Belum mampu mengisi tabel
|
2
|
Ketepatan waktu menyelesaikan proyek
|
Lebih awal dari waktu yang
ditentukan
|
Tepat waktu
|
Terlambat satu hari dari waktu yang
ditentukan
|
Terlambat dua hari dari waktu yang
ditentukan
|
4. Observasi kegiatan bergotong-royong
Lembar Pengamatan Kegiatan Bergotong-royong
No.
|
Kriteria
|
Terlihat
( ü )
|
Belum
Terlihat ( ü )
|
1
|
Kemampuan melakukan pembagian tugas
|
....
|
....
|
2
|
Kemampuan melaksanakan gotong-royong
|
....
|
....
|
3
|
Semangat mengikuti kegiatan
gotong-royong
|
....
|
....
|
Mengetahui
Kepala SAHABAT GURU
SENIOR GURU.MPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
MESUJI , 2019
Guru Kelas 1
SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SAHABAT GURU
Kelas / Semester : I (Satu) / 2
Tema 8 : Peristiwa Alam
Sub Tema 1 : Cuaca
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima dan menjalankan
ajaran Agama yang dianutnya
KI 1 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru
KI 1 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 1 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh
dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
PJOK
3.4 Mengetahui konsep bergerak secara seimbang dan cepat dalam
rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
4.4 Mempraktikkan aktivitas pengembangan kebugaran jasmani untuk
melatih keseimbangan dan kecepatan tubuh melalui permainan sederhana dan atau
tradisional
C. INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
¡ Mengidentifikasi cerita berdasarkan
urutan gambar
¡ Melengkapi kalimat sesuai gambar
¡ Menyusun gambar sesuai cerita
PJOK
¡ Mengidentifikasi cara bermain
egrang
¡ Mempraktikkan permainan egrang
D. MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Membuat Cerita Bergambar Tentang
Aktivitas saat Cuaca Hujan
¡ Bermain Egrang saat Cuaca Cerah
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a menurut
agama dan keyakinan masing-masing.
¡
Guru mengecek kesiapan diri
dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Peristiwa Alam”.
¡
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10
menit
|
Inti
|
Langkah-langkah
kegiatan bagian satu:
¡
Kegiatan
diawali dengan siswa bermain tebak peran. (Mengekplorasi)
¡
Satu
orang siswa diminta untuk mendekat ke guru. Guru membisikkan
jenis permainan yang akan diperagakan siswa di depan teman-temannya. Jenis
permainan yang diperagakan adalah yang dapat dilakukan pada cuaca hujan,
seperti bermain congklak, bermain petak umpet di dalam rumah, dan bermain
egrang saat hujan reda.
¡
Siswa
tersebut memperagakan permainan yang dimaksud sementara teman-temannya
memperhatikan. (Mengekplorasi)
¡
Siswa
lain diberi kesempatan untuk menebak jenis permainan
yang dimaksud.
¡
Usahakan
semua siswa mendapatkan giliran untuk bermain.
¡
Siswa
diminta melengkapi kalimat berdasarkan gambar yang diamati.
¡
Setelah
selesai melengkapi kalimat, siswa diminta untuk menyusun gambar sehingga berbentuk cerita berseri. (Mengasosiasi)
Langkah-langkah kegiatan bagian dua:
¡
Pada awal kegiatan, siswa mendengar
penjelasan guru bahwa cuaca cerah adalah waktu yang menyenangkan untuk
bermain egrang. Egrang dapat membantu melatih keseimbangan
dan ketekunan siswa. Egrang terbuat dari sepasang bambu berukuran kira-kira
120 cm. Di setiap bambu ada pijakan kaki. Cara membuat pijakan kaki adalah bambu
dilubangi pada jarak 20 cm dari pangkalnya. lalu, bambu berukuran 20-30 cm
dimasukkan ke lubang dan diikat dengan tali. (Mengamati)
¡
Siswa
dibagi menjadi empat kelompok.
(Mengasosiasi)
¡
Setiap
kelompok siswa mendapatkan 1 pasang egrang.
¡
Siswa
mengamati cara guru bermain egrang.
¡
Siswa
meniru guru cara bermain egrang.
¡
Siswa
bergiliran berjalan dengan menggunakan egrang. Siswa dapat mencoba sebanyak
lima langkah terlebih dahulu.
¡
Siswa
berjalan dengan egrang sebanyak sepuluh langkah.
¡
Siswa
berjalan menggunakan egrang dengan jarak yang telah ditentukan guru.
¡
Setelah
siswa bermain egrang, guru menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa saat
menggunakan egrang. Guru menanyakan apakah kita dapat
berlari atau melompat dengan egrang? Siswa bersama guru bersyukur karena Tuhan
menciptakan kaki untuk kita.
(Mengkomunikasikan)
|
30
Menit X 35 JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡
Bertanya jawab
tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian
materi)
¡
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak
semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15
menit
|
F. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Peristiwa
Alam Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡ Buku Siswa Tema : Peristiwa Alam
Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013).
¡ Egrang
G. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Tes tertulis latihan di buku siswa
2. Observasi bermain egrang
Lembar Pengamatan Kegiatan Bermain
Egrang
Kriteria
|
Terlihat
( ü )
|
Belum
Terlihat ( ü )
|
Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh
dengan baik
|
....
|
....
|
Kemampuan berjalan dengan
menggunakan egrang
|
....
|
....
|
Kemampuan berdiri dengan menggunakan
egrang
|
....
|
....
|
Mengetahui
Kepala SAHABAT GURU
SENIOR GURU.MPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
MESUJI , 2019
Guru Kelas 1
SAHABAT GURU,SPd
NIP. 11111111 111111 1 111
|
DOWNLOAD FILE WORD LENGKAPNYA DISINI
0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 8 PERISTIWA ALAM"
Post a Comment