LAPORAN PRKATIK KERJA INDUSTRI TKR REM TROMOL
Saturday, May 25, 2019
Add Comment
BAB
II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
PENGERTIAN REM TROMOL
Rem
tromol yaitu sitem pengereman,yang memakai metode goresan antara kampas dengan
sebuah komponen berbentuk mangkuk.
Perbeannya
dengan rem cakram ada pada gesekan. Rem cakram mempunyai arah goresan yang saling
mendekat (menjepit), sehingga pada rem cakram pieteng terdapat ditengah dua
kampas.
Namun
pada rem tromol,arah goresan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung
dengan roda diletakan disisi luar dari dua kapas rem.
B. JENIS- JENIS REM TROMOL
1.
Tipe leading Trailing
Sesuai
namanya,satu sepatu rem berperan sebagai leading dan satunya sebagai trailing.
Leading shoe artinya sepatu rem menekan tromol dengan putaran troml melawan
arah gerakan kampas. Sementara trailing menekan tromol dengan putaran troml
searah dengan gerakan kampas.
Ciri
rem tipe rading traling, yaitu mempunyai suatu silinder roda di penggalan atas
dan ujung bawah sepatu rem itu fixed (di baut) pada backing plate. Sehingga
permukaan yang efektif penggalan atas.
2.
Tipe leading shoes
Tipe ini, mempunyai dua silinder roda yang terleak di
ujung atas dan bawah sepatu rem. Sehingga, di kala rem di tekan baik permukaan
atas atau permukaan bawah kampas rem seluruhnya akan terletak kepermukaan
tromol rem.
Tipe
leading shoes di bagi lagi menjadi dua tipe, yakni:
a.
Single leading, artinya masing-masing silinder roda spesisl untuk mempunyai
sutu buah piston. Sehingga spesial untuk bisa menggerakan salah satu sisi dari
kampas rem.
b.
Dual leading, artinya masing-masing silinder mempunyai dua buah piston.
Sehingga ruang permukaan kampas rem akan tetap tertekan ke arah tromol rem.
3.
Tipe Uni servo
Tipe
servo yaitu tipe ren tromol yang mempunyai floating adjuster
Artinya, adjuster atau menyetel celah rem bisa bergerak ke kanan dan
kekiri.
Tipe
ini mempunyai konstruksi sama menyerupai leading trailing, dengan satu silinder
roda yang terletak di penggalan atas
atas dan sebuah adjuster bagian bawah. namun adjusterini, tidak dibuat
backing plate. Sehingga sehingga bisa bergerak ke kanan dan kiri dengan bebas.
Fungsi
dari floating adjuster ini, bergotong-royong iyalah menyempurnakan dari tipe
leading trailing semoga lebih banyak permukaan kampas rem yang sanggup menekan
permukaan tromol.
Tipe
servo juga mempunyai dua tipe lagi,yakni:
a.
Uni servo, spesial untuk mempunyai satu silinder roda dengan satu piston.
b.
Duo servo, mempunyai satu silinder roda dengan dua buah piston
C.
CARA KERJA REM TROMOL
Prinsip kerja rem tromol adalah pertama , Ketika kita
menginjak pedal rem piston silinder yang
terdapat dalam silinder rem akan mendorong sepatu rem keluar dan menekan
tromol/drum.
Kedua
ketika menarik tuas rem tangan /Handrem,cable rem tangan akan mendorong kearah
luar sepatu rem dan mengunci tromol agar tidak bergerak.
Terdapat
beberapa tipe tromol dan pda dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama yaitu
ketika menginjak pedal rem tangan maka sepatu rem akan bergesekan dengan tromol
untuk menghentikan kendaraan. antara sepatu rem dengan terdapat jarak atau
celah, berikut adalah dampak pada
pengaturan celah tersebut, yaitu;
1.
Jika celah atau jarak antara sepatu rem dengan tromol terlalu jauh akan
mengakibatkan keterlambatan pengereman atau
rem blong saat parkir, terutama parkir di tanjakan.
2.
Jarak rem terlalu rapat dapat menyebabkan rem macet atau rem mengunci dan terkadang roda belakang
akan bunyi keras saat kendaraan jalan sehabis parkir atau setelah membebaskan
hand rem.
3.
Jika celah rem tromol tidak sama antara roda kiri dan kanan akan
menyebabkan kendaraan tertarik ke suatu arah.
Celah
brake shoes (kampas rem tromol) terlalu rapat atau terlalulonggar dengan tromol
rem bisa di lihat dengan banyaknya bunyi klik saat tuas hand rem di tarik,
normalnya bunyi klik tuas hand rem saat kita tarik adalah antara 6 sampai 9
klik.
D. FUNGSI REM
TROMOL
Adalah salah
satu konstuksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem
(brake drum) sepatu rem (brake shoe) dan silinder roda (wheel cylinder). Pada
dasarnya jenis rem tromol yang di gunakan roda depan dan belakang tidak sama,
hal ini dimaksutkan supaya sistem rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai
dengan persyaratan
0 Response to "LAPORAN PRKATIK KERJA INDUSTRI TKR REM TROMOL"
Post a Comment