LAPORAN PRKATIK KERJA INDUSTRI TKR REM TROMOL

                                                                BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

A.    PENGERTIAN REM TROMOL
Rem tromol yaitu sitem pengereman,yang memakai metode goresan antara kampas dengan sebuah komponen berbentuk mangkuk.
Perbeannya dengan rem cakram ada pada gesekan. Rem cakram mempunyai arah goresan yang saling mendekat (menjepit), sehingga pada rem cakram pieteng terdapat ditengah dua kampas.
Namun pada rem tromol,arah goresan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakan disisi luar dari dua kapas rem.

B.     JENIS- JENIS REM TROMOL

1.      Tipe leading Trailing

Sesuai namanya,satu sepatu rem berperan sebagai leading dan satunya sebagai trailing. Leading shoe artinya sepatu rem menekan tromol dengan putaran troml melawan arah gerakan kampas. Sementara trailing menekan tromol dengan putaran troml searah dengan gerakan kampas.
Ciri rem tipe rading traling, yaitu mempunyai suatu silinder roda di penggalan atas dan ujung bawah sepatu rem itu fixed (di baut) pada backing plate. Sehingga permukaan yang efektif penggalan atas.

2.      Tipe leading shoes

Tipe ini, mempunyai dua silinder roda yang terleak di ujung atas dan bawah sepatu rem. Sehingga, di kala rem di tekan baik permukaan atas atau permukaan bawah kampas rem seluruhnya akan terletak kepermukaan tromol rem.
Tipe leading shoes di bagi lagi menjadi dua tipe, yakni:
a.       Single leading, artinya masing-masing silinder roda spesisl untuk mempunyai sutu buah piston. Sehingga spesial untuk bisa menggerakan salah satu sisi dari kampas rem.
b.      Dual leading, artinya masing-masing silinder mempunyai dua buah piston. Sehingga ruang permukaan kampas rem akan tetap tertekan ke arah tromol rem.

3.      Tipe Uni servo
Tipe servo yaitu tipe ren tromol yang mempunyai floating adjuster       Artinya, adjuster atau menyetel celah rem bisa bergerak ke kanan dan kekiri.
Tipe ini mempunyai konstruksi sama menyerupai leading trailing, dengan satu silinder roda yang terletak di penggalan atas  atas dan sebuah adjuster bagian bawah. namun adjusterini, tidak dibuat backing plate. Sehingga sehingga bisa bergerak ke kanan dan kiri dengan bebas.
Fungsi dari floating adjuster ini, bergotong-royong iyalah menyempurnakan dari tipe leading trailing semoga lebih banyak permukaan kampas rem yang sanggup menekan permukaan tromol.

Tipe servo juga mempunyai dua tipe lagi,yakni:
a.       Uni servo, spesial untuk mempunyai satu silinder roda dengan satu piston.
b.      Duo servo, mempunyai satu silinder roda dengan dua buah piston

C.    CARA KERJA REM TROMOL

Prinsip kerja rem tromol adalah pertama , Ketika kita menginjak  pedal rem piston silinder yang terdapat  dalam silinder rem  akan mendorong sepatu rem keluar dan menekan tromol/drum.
Kedua ketika menarik tuas rem tangan /Handrem,cable rem tangan akan mendorong kearah luar sepatu rem dan mengunci tromol agar tidak bergerak.
Terdapat beberapa tipe tromol dan pda dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama yaitu ketika menginjak pedal rem tangan maka sepatu rem akan bergesekan dengan tromol untuk menghentikan kendaraan. antara sepatu rem dengan terdapat jarak atau celah, berikut adalah dampak  pada pengaturan celah tersebut, yaitu;
1.      Jika celah atau jarak antara sepatu rem dengan tromol terlalu jauh akan mengakibatkan keterlambatan pengereman atau  rem blong saat parkir, terutama parkir di tanjakan.
2.      Jarak rem terlalu rapat dapat menyebabkan rem macet  atau rem mengunci dan terkadang roda belakang akan bunyi keras saat kendaraan jalan sehabis parkir atau setelah membebaskan hand rem.
3.      Jika celah rem tromol tidak sama antara roda kiri dan kanan akan menyebabkan kendaraan tertarik ke suatu arah.
                        
Celah brake shoes (kampas rem tromol) terlalu rapat atau terlalulonggar dengan tromol rem bisa di lihat dengan banyaknya bunyi klik saat tuas hand rem di tarik, normalnya bunyi klik tuas hand rem saat kita tarik adalah antara 6 sampai 9 klik.

D.  FUNGSI REM TROMOL

Adalah salah satu konstuksi rem yang cara pengereman kendaraan dengan menggunakan tromol rem (brake drum) sepatu rem (brake shoe) dan silinder roda (wheel cylinder). Pada dasarnya jenis rem tromol yang di gunakan roda depan dan belakang tidak sama, hal ini dimaksutkan supaya sistem rem dapat berfungsi dengan baik dan sesuai dengan persyaratan

0 Response to "LAPORAN PRKATIK KERJA INDUSTRI TKR REM TROMOL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel