REM PADA MOBIL
Wednesday, September 4, 2019
Add Comment
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.
PENGERTIAN
Rem
berfungsi untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan serta
memberikan kemungkinan dapat memparkir kendaraan ditempat yang menurut. Peranan
rem sangat penting dalam sistem mesin, misalnya pada mesin mobil , sepeda
motor, dll. Selain itu rem juga mempunyai kelemahan yaitu rem sering mengalami
blong, hal ini diakibatkan karena pemeliharaan kurang rutin dan penyebab
terjadinya rem blong yaitu pad rem habis (aus),minyak rem habis, dan terjadi
kebocoran pada seal piston rem, master rem, atau pun pada selang remnya, maka
dari itu pemeliharaan rem harus sangat diperhatikan.
B.
JENIS-JENIS
REM
Rem dibagi menjadi dua jenis yaitu:
1.
Rem cakram
Mobil modern kebanyakan telah
menerapkan piranti yang satu
ini. Biasanya piranti seperti ini
dapat ditemukan pada roda
kendaraan baru sehingga dalam
setiap penggunaannya menjadi
maksimal dan terarah.
Rem cakram menjadi salah satu
sistem pengereman modern terbaik pada mobil dan ideal untuk diterapakan pada
mobil, terutama yang telah memakai mesin berkapasitas CC besar. Sistem kerja
rem cakram adalah dengan menjepit cakram
yang biasanya dipasang papa roda kendaraan melalui caliper yang digerakan oleh piston untuk mendorong sepatu rem
(brake pads) kecakram.
2.
kelebihan rem
cakram
Rem cakram dapat
digunakan dari berbagai suhu, sehingga hampir semua kendaraan menerapkan sistem
rem cakram sebagai andalannya. Selain itu rem cakram tahan terhadap genangan air sehingga
kendaraan yang telah menggunakan ren cakram dapat menerjang banjir.
Kemudiaan rem cakram memiliki sistem rem yang
berpendingin diluar (terbuka) sehingga pendingin dapat dilakukan pada saat
mobil melaju, ada beberapa cakram yang juga dilengkapi oleh ventilasi
(ventilatin disk) atau cakram yang memiliki lubang sesehingga lubang
pendinginan rem lebih maksimal digunakan.
Kegunaan rem
cakram banyak digunakan pada roda depan kendaraan karena gaya dorong untuk
berhenti pada bagian depan lebih besar dibandingkan di belakang sehingga
membutuhkan pengereman yang lebih pada depan. Namun saat ini telah banyak mobil
yang menggunakan rem cakram pada keempat rodanya.
3.
kekurangan rem cakram
Rem cakram yang sifaatnya terbuka memudahkan
debu dan lumpur menempel, lama kelamaan lumpur ( kotoran) tersebut dapat
menghambat kinerja pengeramman sampai
merusak komponen caliper,seperti
piston bila dibiarkan lama.oleh sebab itu harus dilakukan pembersihan sesering
mungkin.
Nama-Nama Bagian Rem
·
Rem cakram
·
Piringan rotor
·
Selang rem
·
Plat pengatur
pad
·
Plat momen
·
Plat rem
·
Pegas penahan
pada pegas anti berisik
·
Shit anti cicit
·
Silinder rem
Karet
pelindung utama
1.
Perapat piston
2.
Piston
3.
Karet pelindung
silinder
4.
Ring set
5.
Busing luncur
6.
Karet pelindung
(boot)
C. CARA KERJA REM
CAKRAM
Secara umum ada
dua medode pengeraakan rem yakni:
Sistem rem
mekanis (menggunakan kawat kabel)
Sistem rem
hidrolik (menggunakan fluida)
Sistem rem angin
(menggunakan tekanan udara)
Pada kendaraan
bermotor khususnya mobil penumpang dan sepeda motor, umumnya menggunakan sistem
kontrol hidrolis. Oleh sebab, materi ini kita hanya menjelaskan bagamana cara
rem cakram hidrolis bekerja.
1.
Saat pedal rem
diinjak
Ketika kita mengijak pedal rem,
maka akan timbul tekanan hidrolis dari master silinder. Tekanan hidrolis
tersebut akan disalurkan keaktuator dalam hal ini caliper rem. Pada caliper
rem, tekanan hidrolis tersebut akan digunakan untuk menggerakan piston didalam caliper ini akan mendorong dua buah
kampas rem untuk bergerak menjepit rotor yang sedang berputar. Hasilnya rotor
akan berhenti oleh kampas rem yang menjepit rotor tersebut.
2.
Saat pedal rem dilepas
Ketika kita melepas pedal rem, maka
tekanan hidrolis yang yang sebelunya ada didalam sistem rem menjadi hilang. Ini
akan menyebabkan kampas rem kehilangan gaya dorong karena daya dorong pada
kampas rem ini sejatinya berasal dari kekuatan injakan kaki kita pada pedal
rem. Hasilnya, rotor bisa terbebas dan bisa kembali berputar.
Caliper rem pada pedal rem cakram,
juga ada dua jenis yang memiliki cara kerja berbeda yaitu:
1. singgel
piston (floating caliper)
Tipe pertama
hanya memiliki satu piston yang aktif bergerak untuk menekan brake pad. Namun berarti buakan satu
sisi saja yang tertekan karena pada tipe
floating, posisi caliper bisa
bergerak untuk menekan brake pad.
Tipe ini banyak digunakan pada kendaraan ringaan seperti MPV,SVU,dan sepeda
motor.
2. Doudel
piston ( fixed caliper)
Untuk tipe kedua memiliki dua buah
piston yang aktif menekan kedua sisi breaks pad. Jenis satu ini memiliki daya
pengereman yang lebih kuat dan seimbang namun kontruksi caliper jenis doubel
piston rumit. Sesuai pertuntukannya, tipe ini banyak digunakan pada big SVU,
dan offoader.
0 Response to "REM PADA MOBIL"
Post a Comment