GARDAN (DIFFERENTIAL)
Saturday, September 7, 2019
Add Comment
1.
GARDAN
(DIFFERENTIAL)
Defferential
atau sering dikenal dengan nama GARDAN adalah komponen pada mobil yang
berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin keporos roda yang sebelumnya melewati
transmisi dan propeller shaft.Putaran
roda berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Peroses
pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakan piston untuk bergerak naik
turun.Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros
engkol. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila
atau fly wheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian
diteruskan memutar transmisi ke as kopel
lalu ke gardan. Gardan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar
roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan tenaga dan
putaran dari mesin sampai ke roda sehingga kendaran atau mobil dapat berjalan.
· Komponen
Gardan
Gambar 2.1 komponen gardan
1.
Drive pinion
gear
Drive pinion gear merupakan roda gigi
yang berbentuk nanas, fungsinya sebagai roda gigi pemutar (drive gear)
yang memyalurkan tenaga dari poros propeller ke rangkaian gardan.
2.
Drive pinion
shaft
Drive pinion shaft adalah poros roda
gigi pinon, letaknya sudah menyatu (tersambung permanen)dengan pinoin
gear.fungsinya adalah sebagai poros pemutar untuk menyalurkan putaran dan poros
propeller.
3.
Ring gear
Ring
gear
adalah roda gigi berukuran besar dengan bentuk menyerupai cincin atau ring.
Fungsi roda gigi ini, adalah untuk menerima putaran dari pinion drive gear.
Keduanya, baik ring gear dan pinion drive gear disebut juga
sebagai rangkaian final gear.
4.
Differential
carrier
Differential carrier
atau disebut juga differential case berfungsi sebagai casing atau
rumah untuk meletakan berbagai komponen gardan. Misal ring gear sebagai
penerima putaran juga dibaut pada differential carrier. Selain
itu,rangkaian spider gear dan side gear juga diletakan pada
komponen ini.
5.
Spider gear
Spider gear
berfungsi sebagai gigi pembeda putaran, jumlah spider gear ada dua yang
letaknya 90 derajat terhadap side gear. sehingga saat mobil membelok,
maka tumpuan mobil akan condong kesisi dalam (misal mobil belok kiri, maka
tumpuan lebih ke arah kiri).
Sehingga
roda bagian dalam akan lebih berat dibandingkan roda bagin luar, dalam kondisi
perbedaan beban ini spider gear berputar meski sedikit, putaran roda
kiri dan kanan akan berbeda. Tetapi pada jalan lurus, spider gear akan
diam meski ring gear berputar cukup kencang
6.
Spider
gear shaft
Fungsi hanya sebagai poros untuk mempermudah pergerakan
spider gear. Meski ada dua spider, gear porosnya ada satu.
Dengan kata lain, posisi dua spider gear ini saling berhadangan.
7.
Side gear
Fungsi side gear adalah menerima
putaran yang telah dimanipulasi oleh spider gear untuk diteruskan ke axle
shaft. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika mobil belok maka spider
gear akan berputar untuk membedakan kecepatan putar roda.
Hasil
dari proses pembedaan putaran spider gear akan di hubungkan ke side gear, dimana side gear
akan terhubung secara langsung ke poros propeller.
8.
Axle shaft
bearing
Bearing atau bantalan digunakan sebagai
alas komponen yang berputar, terhadap casing atau axle shaft housing
yang diam. bantalan ini ada dua, masing –masing terletak didekat side gear
kiri dan side gear kanan.Fungsinya sebagai bantalan axle terhadap
axle shaft housing.
9.
Adjuster
nut
Merupakan mur penyetel celah finall gear.
celah final gear, artinya
gerakan pinoin gear yang berputar
sebelum final gear bergerak. Besar kecil celah ini, akan mempengaruhi
kinerja gardan secara keseluruhan. Sehingga dalam suatu waktu, penyetelan celah
final gear harus dilakukkan dengan memutar adjuster nut.
10. Bearing cap
Bearing cap adalah komponen yang
menahan bearing as roda yang terletak didekat side gear. Meski
yang ditahan hanya bearing, tetapi secara tidak langsung bearing cap
ini menahan keseluruhan rangkain gerdan dari axle shaft housing.
2.
CARA
KERJA GARDAN (DIFFERENTIAL)
a.
Pada Saat Mobil
Berjalan lurus
Gambar 2.2 saat mobil
berjalan lurus
Pada saat mobil berjalan lurus keadaan
kedua ban roda kiri dan kanan sama-sama dalam kecepatan putaran yang sama. Dan
juga beban yang ditanggung roda kiri dan kanan adalah sama.Sehingga urutan
perpindahan putaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive
pinion.Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear
bersama-sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential
case, maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential
case karena antara differential case dan pinion gear
dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri
dan kanan adalah sama sat jalan lurus, maka pinion gear kan membawa side
gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi
dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar, pinion
gear hanya membawa side gear untuk berputar bersama sama dengan differential
case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case
berputar satu kali, maka side gear juga berputar satu persatu kali juga,
demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian
akan diteruskan untuk menggerakan as roda dn kemudian menggerakan roda.
b.
Pada Saat
Kendaraan Membelok
Gambar 2.3 saat kendaraan membelok
Pada
saat mobil sedang membelok beban yang ditanggungkan pada roda bagian dalam
adalah lebih besar dari pada beban yang di tanggungkan roda bagian
luar.misalkan mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih
besar dari pada beban roda kanan. dengan demikian urutan perpindahan tenaga nya
adalah sebagai berikut; putaran dari as kopel akan di teruskan untuk memutar drive
pinion. drive pinion akan memutar ring gear.dengan berputar nya ring
gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar. karna
beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri, maka side gear
sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear.
3.
FUNGSI
GARDAN
a.
Merubah arah
putaran mesin
Posisi
mesin pada mobil untuk truck atau khususnya mobil yang menggunakan as kopel, memiliki
posisi mesin yang memanjang ke depan. Sehingga arah putaran dari roda gila
jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat
arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda (yaitu maju
kedepan).
b.
Memperbesar
moment
Momen adalah putaran dari sebuah benda yang
berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu
benda yang berputar dengan cepat atau kecil, sedangkan tenaga dari benda yang
berputar lambat atau besar.
c.
Membedakan
putaran roda kiri dan kanan saat membelok
Pada
saat mobil berbelok, putaran roda bagaian dalam cenderung lebih lambat dari
pada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksud agar mobil dapat berbelok
dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu
sama, maka mobil tak akan membelok. Disilah gardan membuat putaran roda kiri
dan kanan tidak sama sehingga mobil dapat membelok dengan baik.
0 Response to "GARDAN (DIFFERENTIAL)"
Post a Comment