GARDAN (DIFFERENTIAL)


1.        GARDAN (DIFFERENTIAL)


Defferential atau sering dikenal dengan nama GARDAN adalah komponen pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin keporos roda yang sebelumnya melewati transmisi dan propeller shaft.Putaran roda berasal dari proses pembakaran yang terjadi dalam ruang bakar. Peroses pembakaran inilah yang kemudian akan menggerakan piston untuk bergerak naik turun.Lalu gerak naik turun piston ini akan diteruskan untuk memutar poros engkol. Gerak putar poros engkol ini akan diteruskan untuk memutar roda gila atau fly wheel. Putaran roda gila akan diteruskan untuk memutar kopling kemudian diteruskan memutar  transmisi ke as kopel lalu ke gardan. Gardan meneruskan putaran ini ke as roda dan as roda akan memutar roda, sehingga kendaraan dapat berjalan. Jadi urutan perpindahan tenaga dan putaran dari mesin sampai ke roda sehingga kendaran atau mobil dapat berjalan.

·      Komponen Gardan



Gambar 2.1 komponen gardan

1.         Drive pinion gear
 Drive pinion gear merupakan roda gigi yang berbentuk nanas, fungsinya sebagai roda gigi pemutar (drive gear) yang memyalurkan tenaga dari poros propeller ke rangkaian gardan.
2.         Drive pinion shaft
 Drive pinion shaft adalah poros roda gigi pinon, letaknya sudah menyatu (tersambung permanen)dengan pinoin gear.fungsinya adalah sebagai poros pemutar untuk menyalurkan putaran dan poros propeller.
3.         Ring gear
Ring gear adalah roda gigi berukuran besar dengan bentuk menyerupai cincin atau ring. Fungsi roda gigi ini, adalah untuk menerima putaran dari pinion drive gear. Keduanya, baik ring gear dan pinion drive gear disebut juga sebagai rangkaian final gear.
4.         Differential carrier
 Differential carrier atau disebut juga differential case berfungsi sebagai casing atau rumah untuk meletakan berbagai komponen gardan. Misal ring gear sebagai penerima putaran juga dibaut pada differential carrier. Selain itu,rangkaian spider gear dan side gear juga diletakan pada komponen ini.
5.         Spider gear
Spider gear berfungsi sebagai gigi pembeda putaran, jumlah spider gear ada dua yang letaknya 90 derajat terhadap side gear. sehingga saat mobil membelok, maka tumpuan mobil akan condong kesisi dalam (misal mobil belok kiri, maka tumpuan lebih ke arah kiri).
Sehingga roda bagian dalam akan lebih berat dibandingkan roda bagin luar, dalam kondisi perbedaan beban ini spider gear berputar meski sedikit, putaran roda kiri dan kanan akan berbeda. Tetapi pada jalan lurus, spider gear akan diam meski ring gear berputar cukup kencang
6.         Spider gear shaft
 Fungsi hanya sebagai poros untuk mempermudah pergerakan spider gear. Meski ada dua spider, gear porosnya ada satu. Dengan kata lain, posisi dua spider gear ini saling berhadangan.
7.         Side gear
 Fungsi side gear adalah menerima putaran yang telah dimanipulasi oleh spider gear untuk diteruskan ke axle shaft. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ketika mobil belok maka spider gear akan berputar untuk membedakan kecepatan putar roda.
Hasil dari proses pembedaan putaran spider gear akan di hubungkan  ke side gear, dimana side gear akan terhubung secara langsung ke poros propeller.
8.         Axle shaft bearing
 Bearing atau bantalan digunakan sebagai alas komponen yang berputar, terhadap casing atau axle shaft housing yang diam. bantalan ini ada dua, masing –masing terletak didekat side gear kiri dan side gear kanan.Fungsinya sebagai bantalan axle terhadap axle shaft housing.
9.         Adjuster nut
 Merupakan mur penyetel celah finall gear. celah final gear, artinya
 gerakan pinoin gear yang berputar sebelum final gear bergerak. Besar kecil celah ini, akan mempengaruhi kinerja gardan secara keseluruhan. Sehingga dalam suatu waktu, penyetelan celah final gear harus dilakukkan dengan memutar adjuster nut.
10.     Bearing cap
Bearing cap adalah komponen yang menahan bearing as roda yang terletak didekat side gear. Meski yang ditahan hanya bearing, tetapi secara tidak langsung bearing cap ini menahan keseluruhan rangkain gerdan dari axle shaft housing.


2.        CARA KERJA GARDAN (DIFFERENTIAL)
a.         Pada Saat Mobil Berjalan lurus

Gambar 2.2 saat mobil berjalan lurus

Pada saat mobil berjalan lurus keadaan kedua ban roda kiri dan kanan sama-sama dalam kecepatan putaran yang sama. Dan juga beban yang ditanggung roda kiri dan kanan adalah sama.Sehingga urutan perpindahan putaran dari as kopel akan diteruskan untuk memutar drive pinion.Drive pinion akan memutar ring gear , dan ring gear bersama-sama dengan differential case akan berputar. Dengan berputarnya differential case, maka pinion gear akan terbawa berputar bersama dengan differential case karena antara differential case dan pinion gear dihubungkan dengan pinion shaft. Karena beban antara roda kiri dan kanan adalah sama sat jalan lurus, maka pinion gear kan membawa side gear kanan dan side gear kiri untuk berputar dalam satu kesatuan. Jadi dalam keadaan jalan lurus sebenarnya pinion gear tidak berputar, pinion gear hanya membawa side gear untuk berputar bersama sama dengan differential case dalam kecepatan putaran yang sama. Bila differential case berputar satu kali, maka side gear juga berputar satu persatu kali juga, demikian seterusnya dalam keadaan lurus. Putaran side gear ini kemudian akan diteruskan untuk menggerakan as roda dn kemudian menggerakan roda.
b.        Pada Saat Kendaraan Membelok


Gambar 2.3 saat kendaraan membelok

Pada saat mobil sedang membelok beban yang ditanggungkan pada roda bagian dalam adalah lebih besar dari pada beban yang di tanggungkan roda bagian luar.misalkan mobil sedang belok ke kiri, maka beban pada roda kiri akan lebih besar dari pada beban roda kanan. dengan demikian urutan perpindahan tenaga nya adalah sebagai berikut; putaran dari as kopel akan di teruskan untuk memutar drive pinion. drive pinion akan memutar ring gear.dengan berputar nya ring gear maka differential case akan terbawa juga untuk berputar. karna beban roda kiri lebih besar dari roda kanan saat belok ke kiri, maka side gear sebelah kiri akan memberi perlawanan terhadap pinion gear.

3.        FUNGSI GARDAN

a.         Merubah arah putaran mesin
Posisi mesin pada mobil untuk truck atau khususnya mobil yang menggunakan as kopel, memiliki posisi mesin yang memanjang ke depan. Sehingga arah putaran dari roda gila jelas tidak searah dengan arah putaran roda. Maka gardan inilah yang membuat arah dari putaran mesin menjadi searah dengan arah putaran roda (yaitu maju kedepan).
b.         Memperbesar moment
Momen adalah putaran dari sebuah benda yang berputar. Putaran poros engkol mempunyai tenaga atau momen. Tenaga dari suatu benda yang berputar dengan cepat atau kecil, sedangkan tenaga dari benda yang berputar lambat atau besar.
c.         Membedakan putaran roda kiri dan kanan saat membelok
Pada saat mobil berbelok, putaran roda bagaian dalam cenderung lebih lambat dari pada putaran roda bagian luar. Hal ini dimaksud agar mobil dapat berbelok dengan baik dan tidak slip. Jika kedua roda antara yang kiri dan kanan selalu sama, maka mobil tak akan membelok. Disilah gardan membuat putaran roda kiri dan kanan tidak sama sehingga mobil dapat membelok dengan baik.

                        

0 Response to "GARDAN (DIFFERENTIAL)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel