RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari


DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉 


A.       KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.   Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR

PPKn
     4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

PJOK
     3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya

SBdP
     4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

Matematika
     3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

C.       INDIKATOR

PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran

PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat

SBdP
Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan


Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5

D.       TUJUAN
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Tujuan pembelajaran:
1.     Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2.        Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3.        Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.        Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
    
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
Tujuan pembelajaran:
1.        Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2.        Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

E.       MATERI
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”

F.        PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2. Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/ berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5. Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa.
6. Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar
7. Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa.
8. Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.

Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki

Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1. Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
2. Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
3. Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata... pegang hidung! (maka siswa diminta memegang hidungnya).
4. Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
5. Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai abaaba guru.
6. Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.       SUMBER DAN  MEDIA
·           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·     Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·           Buku Pengembangan Diri Anak.
·           Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·           Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Tubuhku.

Syair lagu “Dua Mata Saya”
Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap

I.          PENILAIAN
1.        Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.        Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.

·       Esai atau uraian.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013

Satuan Pendidikan      : SDN Sahabat Guru
Kelas / Semester          :  1 /1
Tema                           : Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke          : 2
Alokasi waktu             : 1 Hari

A.       KOMPETENSI INTI
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       KOMPETENSI DASAR

PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
      pengamatan di lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan sekitar melaluikegiatan melipat, menggunting, dan menempel

C.       INDIKATOR

PPKn
Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah

Bahasa Indonesia
Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
Melengkapi gambar anggota tubuh
Menyebutkan nama- nama anggota tubuh

SBdP
Menebalkan garis pada gambar
Mewarnai gambar
Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh

D.       TUJUAN
      Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
      Tujuan pembelajaran:
1.    Dengan memperhatikan contoh bacaan guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota    tubuh dengan tepat.
2.    Dengan bermain, siswa dapat memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.

Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
Tujuan pembelajaran:
Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh  dengan tepat.

E.        MATERI
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle

F.        PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.

Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum 5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan menebalkan huruf di buku siswa.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
    15
    menit

H.       SUMBER DAN  MEDIA
·           Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·           Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·           Buku Pengembangan Diri Anak.
·           Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·           Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Tubuhku.
Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)

I.          PENILAIAN
1.    Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.    Instrumen Penilaian
a.        Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.        Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.







DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉 

0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel