RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2
Tuesday, July 9, 2019
Add Comment
Satuan Pendidikan
:
SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi
waktu : 1 Hari
DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
PJOK
3.1. Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya
SBdP
4.7. Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Matematika
3.1. Mengenal bilangan asli sampai 99
dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain
C.
INDIKATOR
PPKn
Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran
PJOK
Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan
tepat
SBdP
Menyanyikan lagu dengan irama yang
tepat
Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
Matematika
Menghitung banyak benda 1-5
Menuliskan lambang bilangan 1-5
D.
TUJUAN
Mengenal
Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Tujuan
pembelajaran:
1. Setelah
mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”
dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2.
Setelah
bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3.
Setelah
mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.
Setelah
mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.
Permainan “Guru Berkata, Pegang
....”
Tujuan pembelajaran:
1.
Dengan
bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2.
Dengan
mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan
tertib.
E.
MATERI
Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
Permainan
“Guru Berkata, Pegang ....”
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengenal
Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1. Guru
memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2. Siswa
menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3. Setelah semua
siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/ berkelompok
untuk menyanyikan lagu tersebut.
4. Siswa
mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5. Lalu guru
menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut
di buku siswa.
6. Siswa dan
guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk
bagian-bagian tubuh pada gambar
7. Kemudian
siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku
siswa.
8. Guru
menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala
Pundak
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
Daun
telinga, mata, hidung, mulut
Kepala
pundak lutut kaki lutut kaki
Permainan
“Guru Berkata, Pegang ....”
1. Dalam
permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
2. Siswa
diminta berdiri membentuk lingkaran.
3. Guru akan
mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata... pegang hidung! (maka siswa diminta memegang
hidungnya).
4. Untuk
melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan
yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru
memegang kepala.
5.
Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai
abaaba guru.
6. Selesai
kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh
sesuai dengan permainan.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
· Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Tubuhku.
Syair
lagu “Dua Mata Saya”
Gambar
anggota tubuh manusia yang lengkap
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur
Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian
Kinerja.
2) Penilaian
Produk.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 2013
Satuan Pendidikan : SDN Sahabat Guru
Kelas / Semester : 1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Tubuhku (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
PPKn
4.2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud
dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dari hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk
berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.13. Membuat karya kreatif dengan menggunakan bahan alam di lingkungan
sekitar melaluikegiatan melipat, menggunting, dan menempel
C. INDIKATOR
PPKn
Mengikuti aturan dalam kegiatan di Sekolah
Bahasa Indonesia
Membaca nama-nama anggota tubuh yang dipelajari
Melengkapi gambar anggota tubuh
Menyebutkan nama- nama anggota tubuh
SBdP
Menebalkan garis pada gambar
Mewarnai gambar
Menyusun potongan-potongan gambar anggota tubuh
D. TUJUAN
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
Tujuan
pembelajaran:
1.
Dengan memperhatikan contoh bacaan
guru, siswa dapat membaca nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
2.
Dengan bermain, siswa dapat
memasangkan nama-nama anggota tubuh secara tepat.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
Tujuan pembelajaran:
Dengan bekerja kelompok, siswa dapat menyusun potongan-potongan gambar
anggota tubuh dengan tepat.
E.
MATERI
Membaca
Nama-Nama Anggota Tubuh
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
F.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing,
dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Membaca Nama-Nama Anggota Tubuh
1. Guru menyiapkan kartu-kartu kata yang bertuliskan nama-nama
anggota tubuh.
2. Guru menunjukkan gambar anggota tubuh yang sudah
dilengkapi dengan nama-namanya di halaman buku siswa.
3. Siswa membaca nama-nama anggota tubuh yang ada pada
gambar di bawah bimbingan guru.
4. Guru memastikan siswa mampu mengikuti cara membaca nama-nama
anggota tubuh yang dipaparkan.
5. Siswa diminta membaca nama-nama anggota tubuh tersebut
secara
bergantian.
6. Sebagai puncaknya siswa melakukan permainan
memasangkan kartu nama-nama anggota tubuh dengan gambar yang sudah disiapkan
secara berkelompok
7. Siswa menempelkan hasil pekerjaan kelompoknya di
kertas karton.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Jika masih ada waktu, maka kegiatan selanjutnya
melengkapi gambar yang ada pada buku siswa hal.37.
Menyusun Potongan-Potongan Gambar Anggota Tubuh/Puzzle
1. Guru menunjukkan potongan gambar anggota tubuh yang
ada di buku siswa (di buku siswa ada gambar bagian-bagian tubuh yang letaknya
Tidak beraturan.
2. Siswa merangkai potongan gambar (puzzle) di bawah
bimbingan guru.
3. Guru menyiapkan potongan-potongan gambar anggota tubuh
beberapa set.
4. Siswa diminta membentuk kelompok terdiri dari maksimum
5 kelompok.
5. Masing-masing kelompok diberikan satu set potongan
gambar anggota tubuh.
6. Setiap kelompok berkompetisi menyusun potongan-potongan
gambar tersebut menjadi gambar tubuh manusia secara utuh.
7. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan tugasnya akan
mendapatkan apresiasi dari guru dan lainnya.
8. Siswa mengerjakan latihan di buku siswa.
9. Guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan yang sudah
dilakukan dengan menanyakan bagaimana.
10. Setelah itu siswa diminta mengerjakan latihan
menebalkan huruf di buku siswa.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran
hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang
mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut.
Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa
membacakan jawaban mereka. Siswa
diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari
siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan
do’a penutup.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Tubuhku.
Gambar anggota tubuh yang sudah dilengkapi dengan nama-namanya
Gambar anggota tubuh yang belum dilengkapi dengan nama-namanya
Kartu nama-nama anggota tubuh (lima set)
I.
PENILAIAN
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan
(terlampir).
2.
Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian Kinerja.
2)
Penilaian Produk.
b.
Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
· Esai atau uraian.
0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 2"
Post a Comment