RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 4
Tuesday, July 9, 2019
Add Comment
Satuan Pendidikan
:
SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub Tema : Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉
A.
KOMPETENSI INTI
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta
peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam
secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
SBdP
3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah
garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
4.10. Menirukan gerak alam di lingkungan
sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan rangsangan bunyi
PPKn
3.3. Mengenal keberagaman karateristik
individu di rumah dan di sekolah
4.4. Mengamati dan menceriterakan keberagaman
karateristik individu di rumah dan sekolah
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Menjelaskan karakteristik masing-masing
siswa
Membandingkan gambar
SBdP
Menggambar diri berdasarkan ciri-ciri yang
dimilikinya
Menirukan gerak alam melalui Permainan
PPKn
Menjelaskan perbedaan karakteristik teman
di kelasnya
Menunjukkan sikap menerima keberagaman di
antara teman-temannya di sekolah
D.
TUJUAN
Mengamati
Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
Tujuan
pembelajaran:
1.
Setelah melakukan pengamatan terhadap temannya, siswa dapat menjelaskan
perbedaan
dan
persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan tepat.
2.
Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima atas
perbedaan dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan baik.
3.
setelah mengamati gambar, siswa dapat melengkapi gambar berdasarkan ciri-ciri
yang ada
dengan tepat.
E.
MATERI
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk
kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
1. Siswa
diminta mengamati gambar di buku siswa.
2. Guru
menyampaikan bahwa manusia mempunyai perbedaan dan persamaan baik tentang
kesukaan maupun tentang bagian-bagian tubuh yang dimiliki. Seperti sama-sama
memiliki dua mata, dua kaki, dan dua tangan.
3. Siswa
diminta berpasangan dan bercermin secara bergantian mengamati bentuk mata,
hidung, warna rambut dan temukan ciri khusus lainnya seperti tahi lalat.
4. Usai
menggambar, mintalah siswa untuk saling membandingkan gambar yang telah
dibuat.
5. Siswa
mengamati persamaan dan perbedaan diantara keduanya (meliputi bentuk mata,
hidung, mulut dll).
6. Siswa
menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas sambil menunjukkan gambar
masingmasing.
7. Siswa
lain dapat memberikan pendapatnya.
8. Kegiatan
diulang sampai semua siswa mendapat kesempatan.
9. Setelah
itu, minta siswa menempelkan hasil kerjanya di papan pajangan kelas.
10. Setelah
siswa selesai menata hasil karyanya di papan pajangan, guru mengajak siswa
menyimpulkan kegiatan yang baru saja dilakukan, yaitu bahwa setiap orang memiliki
perbedaan yang merupakan keunikan yang diberikan Tuhan kepada setiap orang.
Oleh karena itu, setiap orang harus mensyukurinya dan menerima perbedaan yang
ada sebagai bagian dari karunia Tuhan.
Bermain Ular
Naga Bersama Teman
1. Guru
menyanyikan lagu “Ular Naga” karya Ibu Sud dan mengajak siswa untuk bersama-sama
menyanyikan lagu tersebut.
2. Setelah
anak-anak mengetahui lagu “Ular Naga”, guru menyampaikan bahwa siswa akan
bermain permainan “Ular Naga”.
3. Guru
menjelaskan aturan bermain “Ular Naga” pada siswa dan mengajak siswa untuk
menuju lapangan.
4. Minta dua
orang siswa untuk menjadi penjaga.
5. Penjaga
menggabungkan kedua tangannya membentuk terowongan. Masingmasing penjaga
memilih kata rahasia, misalnya penjaga satu ‘apel’ dan penjaga kedua ‘jeruk’.
Kata rahasia bisa berupa nama warna, makanan kesukaan, dan lainlain. Kata
rahasia harus dipilih oleh siswa lain yang tertangkap.
6.
Siswa-siswa lainnya berperan menjadi ular, berbaris panjang dengan memegang bahu
teman di depannya.
7. Rangkaian
ular, berjalan bersama dalam barisan, berputar-putar mengelilingi dan memasuki
terowongan sambil menyanyikan lagu “Ular Naga”.
8. Saat lagu
berakhir, anak yang berada tepat di bawah terowongan, ditangkap oleh penjaga.
9. Anak yang
tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada, misalnya, “Pilih
apel atau jeruk?”. Jika yang dipilih adalah apel, maka anak tersebut berdiri
di belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia apel, jika pilihannya jeruk,
maka dia berdiri di belakang penjaga dengan kata rahasia jeruk.
10. Demikian
seterusnya sampai seluruh siswa habis tertangkap dan berbaris dibelakang
salah satu penjaga sesuai kata rahasia yang dipilih.
11.
Permainan dilanjutkan dengan membentuk barisan per kelompok membentuk seperti
ular naga. Para penjaga berperan sebagai kepala naga, siswa di belakang berperan
sebagai ekor naga. Para kepala naga saling berhadapan dan permainan selanjutkan
siap dilangsungkan.
12.
Selanjutnya, dua kelompok naga berusaha saling menangkap anggota lawan yang berada
pada posisi paling ujung (penjaga kelompok ‘apel’ berupaya menangkap ekor
kelompok ‘jeruk’, dan sebaliknya) dengan syarat barisan tidak boleh putus.
13. Kepala
naga bergerak ke kanan dan ke kiri sambil merentangkan tangannya seolah melindungi
barisan di belakangnya agar tidak tertangkap lawan.
14.
Permainan berakhir ketika salah satu barisan sudah habis.
15. Usai
bermain, guru dapat menjelaskan mengenai sikap sportif dan besar hati yang harus
dimiliki oleh kelompok yang kalah, serta sikap rendah hati dan tidak sombong bagi
kelompok yang berhasil memenangkan permainan. Guru juga menjelaskan pentingnya
persatuan atau kekompakan agar dapat memenangkan permainan.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa
melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan
hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal
lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk
mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka.
Siswa diberikan kesempatan
berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan do’a penutup.
Kegiatan
bersama Orang tua:
Orang tua
membantu siswa memahami bahwa setiap orang mempunyai ciri yang membedakannya
dengan orang lain. Bahkan setiap anak di dalam satu keluarga yang sama juga
berbeda satu sama lain. Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang persamaan
dan perbedaan yang ada di dalam anggota keluarga mereka.
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku Istimewa.
Cermin, Kertas untuk menggambar,
Teks lagu Ular Naga
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil
belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1) Penilaian
Kinerja.
2) Penilaian
Produk.
b.
Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
·
Esai atau uraian.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester :
1 /1
Tema : Diriku (Tema 1)
Sub
Tema : Aku Istimewa (Sub
Tema 4 )
Pembelajaran
ke : 2
Alokasi waktu :
1 Hari
G.
KOMPETENSI INTI
5. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
7. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
8. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
H.
KOMPETENSI DASAR
PJOK
3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar
seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan
manipulatif
4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar
lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional
Matematika
3.11. Menentukan Urutan berdasarkan panjang
pendek benda, tinggi rendah dan urutan kelompok berdasarkan jumlah
4.9. Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan
tinggi badannya
PPKn
3.3. Mengenal keberagaman karateristik
individu di rumah dan di sekolah
I. INDIKATOR
PJOK
Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
yang dilandasi gerak kaki
Bekerja sama dengan teman dalam melakukan
pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
gerak
kaki
Matematika
Mengukur tinggi badan teman
Membandingkan teman berdasarkan tinggi
badan
PPKn
Mengenal arti bersatu dalam melakukan
kegiatan bersama teman
J. TUJUAN
Membandingkan
Tinggi Badan Bersama Teman
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru
tentang cara mengukur tinggi badan, siswa dapat
mengukur tinggi badan temannya dengan
tepat
2. Setelah mengukur tinggi badan temannya,
siswa dapat membandingkan tinggi badan teman di kelompoknya dengan benar.
3. Setelah mengukur tinggi badan
temannya, siswa dapat mengelompokkan berdasarkan
tinggi badan teman di kelompoknya
dengan benar.
Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah mendengar instruksi guru,
siswa dapat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
dengan benar.
2. Dengan permainan, siswa dapat bekerja
sama dalam melakukan estafet dengan cepat.
K.
MATERI
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman
L. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik :
Example Non
Example
Metode :
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
J.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks
Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan
fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Membandingkan Tinggi Badan Bersama
Teman
1. Guru menjelaskan Setiap anak mempunyai
perbedaan dan persamaan tinggi badan.
2. Siswa akan melakukan pengukuran
tinggi badan masing-masing siswa.
3. Siswa berkumpul secara
berkelompok. Setiap kelompok mendapatkan tali rafia, gunting, kertas, dan
lem.
4. Siswa mengukur tinggi badan temannya
dengan langkah sebagai berikut.
a. Siswa berdiri bersandar di
dinding. Letakkan sebuah penggaris di atas kepalanya hingga menyentuh bagian
tembok.
b. Siswa lain memberi tanda pada
titik tinggi di tembok.
c. Siswa yang lain mengukur dengan meletakkan
salah satu ujung tali rafia pada tanda di tembok dan menariknya hingga bagian
bawah tembok lalu mengguntingnya.
d. Beri nama di setiap tali dengan
cara mengikat atau menempelkan kertas yang sudah diberi nama.
5. Mintalah siswa untuk bekerja sama
menempelkan hasil pengukuran di dinding kelas berdasarkan urutan dari yang
paling rendah hingga yang paling tinggi.
a. Lalu, mintalah siswa berdiskusi
dikelompoknya masing-masing mengenai tinggi badan anggota kelompoknya.
b. Siswa menuliskan hasil diskusi
kelompok pada buku masing masing.
c. Perwakilan kelompok menyampaikan
hasil laporannya di depan kelas.
d. Siswa berlatih membandingkan
tinggi badan berdasarkan gambar pada buku siswa.
e. Sebagai penutup guru meminta
siswa menirukan kata-kata yang diucapkan guru yaitu: rendah, tinggi, paling
rendah, dan paling tinggi.
Bermain sambil Mengamati Ciri
KhasTeman
1. Guru menyampaikan bahwa semua
anak
istimewa. Ada yang tinggi ada yang
kurang tinggi, ada yang larinya cepat dan ada yang lebih cepat, ada yang lompatnya
jauh dan ada yang lebih jauh.
2. Siswa dibagi menjadi empat
kelompok dan berbaris sesuai urutan tinggi badan.
3. Instruksi pertama siswa berbaris
sesuai urutan dari yang tertinggi sampai terendah. Lalu, dari yang terendah
sampai yang tertinggi.
4. Kegiatan selanjutnya, lomba
membentuk barisan terpanjang. Siswa diberi kebebasan mencari cara untuk
membuat barisan kelompoknya
sepanjang mungkin (problem
solving).
5. Kegiatan berikutnya siswa
berlomba lari estafet antar kelompok.
6. Guru membuat empat buah garis
lintas.
7. Setiap kelompok dibagi menjadi
dua bagian yang sama. Satu bagian berdiri di salah satu ujung garis lintas,
dan bagian lainnya di ujung
garis lintas yang lain.
8. Pemain pertama dari setiap
kelompok dengan membawa tongkat kecil berlari dari salah satu ujung menuju ke
temannya ke ujung lainnya.
9. Setelah sampai garis ujung
lintasan tongkat diberikan pada temannya, teman yang memegang tongkat berlari
menuju ujung lintasan awal, dan seterusnya sampai semua mendapat kesempatan
bermain.
10. Pemenangnya adalah kelompok yang
paling cepat menyelesaikan permainan.
11. Kelompok pemenang diminta maju
ke depan, kelompok lain memberi apresiasi. Kelompok yang diberi apresiasi
mengucapkan terima
kasih.
12. Guru menjelaskan pentingnya
kerja sama untuk mencapai prestasi yang terbaik, juga saling menghargai,
menerima perbedaan, dan
persatuan.
13. Siswa mengerjakan latihan dan
guru menunjukan gambar pada buku siswa “mensyukuri perbedaan” dan membacakan
teksnya.
|
150
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa melakukan perenungan tentang
kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka
pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka
pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan
dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan
menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan
pesan moral hari ini dengan
bijak.
Salam
dan do’a penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
• Siswa diminta untuk mengurutkan
anggota
keluarga berdasarkan tinggi badan,
mulai dari yang paling tinggi hingga yang paling pendek.
• Memberi informasi kepada siswa
mengenai asal daerah ayah dan ibunya.
|
15
menit
|
K.
SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan
Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan
Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup:
http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Aku Istimewa.
Tali rafia atau sejenisnya, Gunting,
Kertas, Lem.
L.
PENILAIAN
- Prosedur
Penilaian
c.
Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan
dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan
akhir.
d.
Penilaian Hasil
Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis
dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
b.
Penilaian Proses
1) Penilaian
Kinerja.
2) Penilaian
Produk.
c.
Penilaian Hasil
Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
Esai
atau uraian. DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉
0 Response to " RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 4"
Post a Comment