RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester          :  1 /1
                        Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                    :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉 
A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,    serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
      lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
      4.1. Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud  dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

SBdP
     3.1. Mengenal cara dan hasil gambar ekspresi
     4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
     pengamatan di lingkungan sekitar
  4.10. Menirukan gerak alam di lingkungan sekitar melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan    badan berdasarkan rangsangan bunyi

PPKn
     3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah
      4.4. Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah

C.    INDIKATOR

Bahasa Indonesia
      Menjelaskan karakteristik masing-masing siswa
      Membandingkan gambar


SBdP
     Menggambar diri berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya
     Menirukan gerak alam melalui Permainan

PPKn
     Menjelaskan perbedaan karakteristik teman di kelasnya
     Menunjukkan sikap menerima keberagaman di antara teman-temannya di sekolah



D.    TUJUAN

Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
Tujuan pembelajaran:
1. Setelah melakukan pengamatan terhadap temannya, siswa dapat menjelaskan perbedaan
dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan tepat.
2. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima atas perbedaan dan persamaan karakteristik siswa di kelasnya dengan baik.
3. setelah mengamati gambar, siswa dapat melengkapi gambar berdasarkan ciri-ciri yang ada
dengan tepat.

E.     MATERI
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Mengamati Wajah dan Mengenal Ciri-ciri yang Dimiliki
1. Siswa diminta mengamati gambar di buku siswa.
2. Guru menyampaikan bahwa manusia mempunyai perbedaan dan persamaan baik tentang kesukaan maupun tentang bagian-bagian tubuh yang dimiliki. Seperti sama-sama memiliki dua mata, dua kaki, dan dua tangan.
3. Siswa diminta berpasangan dan bercermin secara bergantian mengamati bentuk mata, hidung, warna rambut dan temukan ciri khusus lainnya seperti tahi lalat.
4. Usai menggambar, mintalah siswa untuk saling membandingkan gambar yang telah dibuat.
5. Siswa mengamati persamaan dan perbedaan diantara keduanya (meliputi bentuk mata, hidung, mulut dll).
6. Siswa menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas sambil menunjukkan gambar masingmasing.
7. Siswa lain dapat memberikan pendapatnya.
8. Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat kesempatan.
9. Setelah itu, minta siswa menempelkan hasil kerjanya di papan pajangan kelas.
10. Setelah siswa selesai menata hasil karyanya di papan pajangan, guru mengajak siswa menyimpulkan kegiatan yang baru saja dilakukan, yaitu bahwa setiap orang memiliki perbedaan yang merupakan keunikan yang diberikan Tuhan kepada setiap orang. Oleh karena itu, setiap orang harus mensyukurinya dan menerima perbedaan yang ada sebagai bagian dari karunia Tuhan.

Bermain Ular Naga Bersama Teman
1. Guru menyanyikan lagu “Ular Naga” karya Ibu Sud dan mengajak siswa untuk bersama-sama menyanyikan lagu tersebut.
2. Setelah anak-anak mengetahui lagu “Ular Naga”, guru menyampaikan bahwa siswa akan bermain permainan “Ular Naga”.
3. Guru menjelaskan aturan bermain “Ular Naga” pada siswa dan mengajak siswa untuk menuju lapangan.
4. Minta dua orang siswa untuk menjadi penjaga.
5. Penjaga menggabungkan kedua tangannya membentuk terowongan. Masingmasing penjaga memilih kata rahasia, misalnya penjaga satu ‘apel’ dan penjaga kedua ‘jeruk’. Kata rahasia bisa berupa nama warna, makanan kesukaan, dan lainlain. Kata rahasia harus dipilih oleh siswa lain yang tertangkap.
6. Siswa-siswa lainnya berperan menjadi ular, berbaris panjang dengan memegang bahu teman di depannya.
7. Rangkaian ular, berjalan bersama dalam barisan, berputar-putar mengelilingi dan memasuki terowongan sambil menyanyikan lagu “Ular Naga”.
8. Saat lagu berakhir, anak yang berada tepat di bawah terowongan, ditangkap oleh penjaga.
9. Anak yang tertangkap diminta memilih salah satu kata rahasia yang ada, misalnya, “Pilih apel atau jeruk?”. Jika yang dipilih adalah apel, maka anak tersebut berdiri di belakang penjaga yang mempunyai kata rahasia apel, jika pilihannya jeruk, maka dia berdiri di belakang penjaga dengan kata rahasia jeruk.
10. Demikian seterusnya sampai seluruh siswa habis tertangkap dan berbaris dibelakang salah satu penjaga sesuai kata rahasia yang dipilih.
11. Permainan dilanjutkan dengan membentuk barisan per kelompok membentuk seperti ular naga. Para penjaga berperan sebagai kepala naga, siswa di belakang berperan sebagai ekor naga. Para kepala naga saling berhadapan dan permainan selanjutkan siap dilangsungkan.
12. Selanjutnya, dua kelompok naga berusaha saling menangkap anggota lawan yang berada pada posisi paling ujung (penjaga kelompok ‘apel’ berupaya menangkap ekor kelompok ‘jeruk’, dan sebaliknya) dengan syarat barisan tidak boleh putus.
13. Kepala naga bergerak ke kanan dan ke kiri sambil merentangkan tangannya seolah melindungi barisan di belakangnya agar tidak tertangkap lawan.
14. Permainan berakhir ketika salah satu barisan sudah habis.
15. Usai bermain, guru dapat menjelaskan mengenai sikap sportif dan besar hati yang harus dimiliki oleh kelompok yang kalah, serta sikap rendah hati dan tidak sombong bagi kelompok yang berhasil memenangkan permainan. Guru juga menjelaskan pentingnya persatuan atau kekompakan agar dapat memenangkan permainan.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
Orang tua membantu siswa memahami bahwa setiap orang mempunyai ciri yang membedakannya dengan orang lain. Bahkan setiap anak di dalam satu keluarga yang sama juga berbeda satu sama lain. Orang tua mengajak anak berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan yang ada di dalam anggota keluarga mereka.
    15
    menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku Istimewa.
                 Cermin, Kertas untuk menggambar, Teks lagu Ular Naga

I.       PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian


a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
b.      Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
·       Esai atau uraian.





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan      :  SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester          :  1 /1
                       Tema                           :  Diriku (Tema 1)
Sub Tema                   :  Aku Istimewa (Sub Tema 4 )
Pembelajaran ke         :  2
Alokasi waktu            :  1 Hari

G.    KOMPETENSI INTI
5.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
6.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
7.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
8.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

H.    KOMPETENSI DASAR
PJOK
      3.3. Memahami pengertian pola gerak dasar seperti gerak lokomotor, nonlokomotor, dan
              manipulatif
      4.1. Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak (seperti konsep
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan  atau tradisional

Matematika
      3.11. Menentukan Urutan berdasarkan panjang pendek benda, tinggi rendah dan urutan    kelompok berdasarkan jumlah
      4.9. Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya

PPKn
      3.3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah

I.       INDIKATOR

PJOK
      Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi gerak kaki
      Bekerja sama dengan teman dalam melakukan pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
gerak kaki

Matematika
      Mengukur tinggi badan teman
      Membandingkan teman berdasarkan tinggi badan

PPKn
      Mengenal arti bersatu dalam melakukan kegiatan bersama teman


J.       TUJUAN
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
      Tujuan pembelajaran:
      1. Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang cara mengukur tinggi badan, siswa dapat
          mengukur tinggi badan temannya dengan tepat
    2. Setelah mengukur tinggi badan temannya, siswa dapat membandingkan tinggi badan    teman di kelompoknya dengan benar.
      3. Setelah mengukur tinggi badan temannya, siswa dapat mengelompokkan berdasarkan
          tinggi badan teman di kelompoknya dengan benar.

       Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman
       Tujuan pembelajaran:
       1. Setelah mendengar instruksi guru, siswa dapat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
dengan benar.
       2. Dengan permainan, siswa dapat bekerja sama dalam melakukan estafet dengan cepat.

K.    MATERI
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
Bermain sambil Mengamati Ciri Khas Teman

L.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

J.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak/dinamika dan lagu yang relevan. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
    10
    menit
Kegiatan
Inti
Membandingkan Tinggi Badan Bersama Teman
1. Guru menjelaskan Setiap anak mempunyai perbedaan dan persamaan tinggi badan.
2. Siswa akan melakukan pengukuran tinggi badan masing-masing siswa.
3. Siswa berkumpul secara berkelompok. Setiap kelompok mendapatkan tali rafia, gunting, kertas, dan lem.
4. Siswa mengukur tinggi badan temannya dengan langkah sebagai berikut.
a. Siswa berdiri bersandar di dinding. Letakkan sebuah penggaris di atas kepalanya hingga menyentuh bagian tembok.
b. Siswa lain memberi tanda pada titik tinggi di tembok.
c. Siswa yang lain mengukur dengan meletakkan salah satu ujung tali rafia pada tanda di tembok dan menariknya hingga bagian bawah tembok lalu mengguntingnya.
d. Beri nama di setiap tali dengan cara mengikat atau menempelkan kertas yang sudah diberi nama.
5. Mintalah siswa untuk bekerja sama menempelkan hasil pengukuran di dinding kelas berdasarkan urutan dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.
a. Lalu, mintalah siswa berdiskusi dikelompoknya masing-masing mengenai tinggi badan anggota kelompoknya.
b. Siswa menuliskan hasil diskusi kelompok pada buku masing masing.
c. Perwakilan kelompok menyampaikan hasil laporannya di depan kelas.
d. Siswa berlatih membandingkan tinggi badan berdasarkan gambar pada buku siswa.
e. Sebagai penutup guru meminta siswa menirukan kata-kata yang diucapkan guru yaitu: rendah, tinggi, paling rendah, dan paling tinggi.

Bermain sambil Mengamati Ciri KhasTeman
1. Guru menyampaikan bahwa semua anak
istimewa. Ada yang tinggi ada yang kurang tinggi, ada yang larinya cepat dan ada yang lebih cepat, ada yang lompatnya jauh dan ada yang lebih jauh.
2. Siswa dibagi menjadi empat kelompok dan berbaris sesuai urutan tinggi badan.
3. Instruksi pertama siswa berbaris sesuai urutan dari yang tertinggi sampai terendah. Lalu, dari yang terendah sampai yang tertinggi.
4. Kegiatan selanjutnya, lomba membentuk barisan terpanjang. Siswa diberi kebebasan mencari cara untuk membuat barisan kelompoknya
sepanjang mungkin (problem solving).
5. Kegiatan berikutnya siswa berlomba lari estafet antar kelompok.
6. Guru membuat empat buah garis lintas.
7. Setiap kelompok dibagi menjadi dua bagian yang sama. Satu bagian berdiri di salah satu ujung garis lintas, dan bagian lainnya di ujung
garis lintas yang lain.
8. Pemain pertama dari setiap kelompok dengan membawa tongkat kecil berlari dari salah satu ujung menuju ke temannya ke ujung lainnya.
9. Setelah sampai garis ujung lintasan tongkat diberikan pada temannya, teman yang memegang tongkat berlari menuju ujung lintasan awal, dan seterusnya sampai semua mendapat kesempatan bermain.
10. Pemenangnya adalah kelompok yang paling cepat menyelesaikan permainan.
11. Kelompok pemenang diminta maju ke depan, kelompok lain memberi apresiasi. Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima
kasih.
12. Guru menjelaskan pentingnya kerja sama untuk mencapai prestasi yang terbaik, juga saling menghargai, menerima perbedaan, dan
persatuan.
13. Siswa mengerjakan latihan dan guru menunjukan gambar pada buku siswa “mensyukuri perbedaan” dan membacakan teksnya.

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa melakukan perenungan tentang kegiatan pembelajaran hari ini. Siswa menuliskan hal-hal yang telah mereka pelajari, kesulitan yang mereka alami, serta hal lain apa yang ingin mereka pelajari lebih lanjut. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan perenungan dengan mengajak siswa membacakan jawaban mereka. Siswa  diberikan kesempatan berbicara/bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
Salam dan doa penutup.
Kegiatan bersama Orang tua:
• Siswa diminta untuk mengurutkan anggota
keluarga berdasarkan tinggi badan, mulai dari yang paling tinggi hingga yang paling pendek.
• Memberi informasi kepada siswa mengenai asal daerah ayah dan ibunya.

    15
    menit

K.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Aku Istimewa.
                   Tali rafia atau sejenisnya, Gunting, Kertas, Lem.



L.     PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
c.       Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
d.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
  1. Instrumen Penilaian
b.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja.
2)   Penilaian Produk.
c.       Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.
Esai atau uraian.




DOWNLOAD FILE WORNYA DISINI 👉 

0 Response to " RPP SD KELAS 1 TEMA 1 SUB TEMA 4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel