RPP SD KELAS 1 TEMA 5 KURIKULUM 2013 REVISI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :   SDN SAHABAT GURU
Kelas / Semester              :   I (Satu) / 2
Tema 5                             :   Pengalamanku
Sub Tema 1                      :   Pengalaman Masa Kecil
Pembelajaran                  :   2
Alokasi Waktu                 :   1 Hari



A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.4       Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.4       Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator
¡  Kembali secara lisan mengenai peristiwa masa kecil yang telah disampaikan oleh orang tua atau melalui foto
¡  Bercerita dengan runtun dan menggunakan bahasa indonesia yang baik

PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
3.1.      Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1.      Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila
Indikator
¡  Menentukan simbol bintang sebagai lambang dari sila pertama Pancasila
¡  Menjelaskan perilaku di sekitar yang sesuai dengan Pancasila

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
3.1       Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2       Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah atau tempat bermain
4.1       Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
Indikator
¡  Menuliskan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda dengan tepat
¡  Membilang benda sebanyak 21 – 40 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar
¡  Menguraikan jumlah benda dalam puluhan dan satuan

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Pengalamanku Bercerita tentang Masa Kecil
¡  Pengalamanku Berbagi

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangPengalamanku”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

10 menit
Inti

¡   Siswa diminta untuk mengumpulkan foto masa kecil yang telah dibawa dari rumah.
¡   Jika ada yang tidak punya, maka diminta untuk menceritakan cerita masa kecil seperti yang telah disampaikan oleh orang tuanya.  (mengkomunikasikan)
¡   Siswa bermain tebak gambar masa kecil. (mengasosiasi)
¡   Siswa diperlihatkan foto mereka secara acak dan meminta siswa menebak foto siapakah tersebut.(mengasosiasi)
¡   Siswa yang fotonya dapat ditebak,  diminta maju ke depan untuk menceritakan foto tersebut.
¡   Siswa mengajukkan pertanyaan tentang foto atau cerita masa kecil. (menanya)
¡   Siswa yang telah mendengarkan diberi kesempatan untuk mengajukan pendapat mengenai cerita temannya. (mengkomunikasikan)
¡   Demikian seterusnya sampai seluruh siswa memperoleh giliran untuk tampil bercerita.
¡   Setelah semua siswa bercerita, ajak siswa untuk selalu mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan. Setiap peristiwa yang kita alami adalah kasih sayang Tuhan terhadap manusia.
¡   Siswa menunjukkan simbol Pancasila sebagai penerapan ajaran ketuhanan Yang maha Esa.
¡   Siswa menyebutkan makanan atau mainan yang mereka sukai saat masih kecil.
¡   Guru menunjukkan tiga buah kantung yang masing- masing berisi bola plastik, permen, dan stik es krim.
¡   Siswa menebak jumlah benda yang terdapat di dalam kantong tersebut. (mengasosiasi)
¡   Guru mencatat di papan tulis jawaban yang diberikan siswa.
¡   Siswa menghitung bersama – sama jumlah benda yang ada dalam kantung, lalu melingkari jawaban  di papan tulis yang menunjukkan jumlah benda.
¡   Minta siswa untuk mengerjakan latihan soal di buku siswa.
¡   Siswa berdiskusi mengenai berbagai pengalaman yang telah di alami pada saat masih kecil, baik yang menyenangkan maupun kurang menyenangkan. (mengumpulkan informasi)
¡   Siswa dibimbing untuk mensyukuri berbagai peristiwa yang telah dialami, baik menyenangkan maupun kurang menyenangkan.
¡   Kemukakan bahwa bersyukur merupakan salah satu bentuk pengalaman sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa”.    

30 Menit X  35 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit


E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Pedoman Guru Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Buku Siswa Tema : Pengalamanku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
¡  Foto siswa saat masih bayi atau balita (ingatkan siswa untuk membawa foto pada pertemuan sebelumnya).
¡  Benda-benda seperti bola plastik, permen, dan stik es krim sebanyak 40 buah.

F.      PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1.   Unjuk Kerja
Rubrik Menceritakan Hasil Diskusi tentang Pengalaman Masa Kecil
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bim-bingan (1)
Penggunaan bahasa
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia yang baik
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia dan sesekali diselingi dengan penggunaan bahasa daerah
Siswa mampu menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan mengggunakan bahasa Indonesia, tetapi masih lebih banyak menggunakan bahasa daerah
Siswa menceritakan kembali isi foto yang dibawa dengan bantuan penuh dari guru


2.   Latihan tertulis (lembar kerja di buku siswa)
Setiap soal yang benar mendapatkan 2 poin. Total skor: 2 x 5 = 10.

3.   Observasi
Lembar Pengamatan Diskusi

Kriteria
Terlihat (ü)
Belum Terlihat (ü)
Partisipasi dalam mengemukakan pendapat


Partisipasi dalam bertanya


Partisipasi dalam menjawab pertanyaan




Mengetahui
Kepala SDN SAHABAT GURU




SENIOR GURU, M.Pd
NIP. 19620000 000000 0 000

Mesuji ,                       2019
Guru Kelas 1




SAHABAT GURU, S.Pd
NIP. 19620000 000000 0 001

Silahkan download File wordnya disini 


0 Response to "RPP SD KELAS 1 TEMA 5 KURIKULUM 2013 REVISI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel